Selasa, 26 Februari 2013

DILARANG BANYAK BICARA



Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,
Salam dan bahagia,

Selamat berjumpa lagi bersama kami Butir Uraian Ayat Ayat Al Qur’an dan Refleksi Alam Al Qur’an, semoga para sahabat semua dalam keadaan sehat wal’afiat
Para sahabat semua Allah telah memberi kita dua buah bibir agar bisa berbicara, akan tetapi ada pula yang tidak bisa bicara. Maka bagi yang bisa bicara Rasulullah saw mengingatkan kita semua agar dilarang banyak bicara ( yang tidak ada manfaatnya ).

Abu Musa pernah bertanya kepada Rasulullah saw orang muslim yang paling utama itu yang seperti apa ? Dan beliau menjawab yaitu orang yang selamat dari kejahatan lisan dan tangannya. Maksudnya tangannya terhindar dari berbuat keburukan dan lisannya terjaga dari ucapan yang buruk menurut Allah.

Abdullah bin Mas’ud pun pernah bertanya kepada Rasulullah saw tentang amalan apa yang paling utama ? Dan beliau menjawab bahwa amalan yang paling utama itu adalah melaksanakan shalat wajib yang lima waktu dan diusahakan tepat waktu. Sesuaikan dengan keinginan kita kalau kita minta sesuatu kepada Allah minta cepat dikabul, maka kalau dipanggil Allah (suara azan) cepat pula dilaksanakan, kemudian bisa menjaga ( selamat ) dari kejahatan lisannya.

Pada suatu hari Barra bin Azib bercerita bahwa ada seorang Arab badui menghadap kepada Rasulullah dan minta diberi petunjuk dia harus mengamalkan apa agar dia bisa masuk ke surganya Allah. Kemudian beliau menjawab amalan yang bisa memasukkan siapa saja ke surganya Allah adalah berikut ini :

    1. Apabila berkhutbah rangkumlah khutbahnya ( pendekkan ) jangan terlalu panjang, lalu merdekakan siapapun yang jiwanya tertekan dan bebaskan perbudakan. Apabila tadak sanggup melaksanakannya, maka lakukan langkah ke
    2. Yaitu kalau ada orang kelaparan, berilah makan. Kalau ada orang yang kehausan, berilah minum. Ajaklah siapapun untuk berbuat kebajikan dan jauhi perbuatan munkar (buruk ).Apabila masih belum sanggup melaksanakannya, maka lakukan langkah yang ke
    3. Yaitu jagalah atau peliharalah lisannya. ( Jangan bicara kalau tidak perlu, janganlah bicara yang tidak baik, kecuali bicara untuk kebaikan ).
Dari Annas r.a, Rasulullah saw bersabda bahwa siapapun tidak akan lurus imannya kalau hatinya tidak lurus. Dan hati seseorang tidak akan lurus kalau lisannya tidak lurus. Siapapaun akan celaka apabila tetangganya atau teman di pekerjaannya atau siapapun akibat dari kejahatannya, walaupun hanya dengan lisan.

Awas ini peringatan yang sangat keras dari Rasulullah untuk kita semua yaitu apabila telah masuk waktu pagi, maka seluruh anggota tubuh kita akan tunduk kepada lisan kita. Takutlah kepada Allah dengan lisan kita, karena nasib kita bergantung kepada lisan kita. Apabila lisan kita lurus  maka luruslah kita, selamatlah kita, sebaliknya apabila lisan kita bengkok, maka kitapun ikut bengkok, akibatnya kita akan celaka.

Barakallaahufiikum…………Salam santun kami untuk para sahabat semua…………Semoga bisa bermanfaat bagi kita semua dan dapat diambil hikmahnya untuk kita serta dapat untuk membuka hati kita yang selama ini telah tertutup……..Andaikan ada salah kata atau tulis, itu adalah kesalahan kami dan………..Ya Allah ampunilah atas hal tersebut ………Dan marilah kita bersihkan dan sucikan hati kita, jiwa kita dan akal fikiran kita dengan mengucapkan

Laa ilaaha illallaah Muhammadurrasuulullaah saw Allahu Akbar Subhanallaah Subhanakallaahumma wabihamdika asyhadu alla ilaaha illa anta astaghfiruka wa’atuubu ilaik.

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh
Salam dan bahagia
Penulis            : Ki Kartawijaya  Al Adiyat
Pekerjaan        :Anggota Yayasan Perguruan Tamansiswa Cabang Cirebon 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar