Kamis, 07 November 2013

AMAL YANG AKAN MENYEMATKAN MANUSIA DUNIA DAN AKHIRAT

Apabila kita melakukan amal, maka hati-hatilah jangan sampai amal itu dikotori oleh sifat ujub dan riya. Peliharalah amal tersebut dari kotoran yang melekat dari kehendak hawa nafsu.

Semua kebaikan itu adalah milik Allah, karena Dia Maha Baik, Maha Indah, Maha Sempurna. Allah itu Maha Kuat lagi Maha Gagah Perkasa dan Maha Meliputi seluruh Kekuasaan dan Kekuatan yang ada pada manusia. Manusia memperoleh kebaikan itu adalah dari Allah Yang Maha Suci. Oleh karena itu peliharalah dan sucikanlah kebaikan-kebaikan itu Sesuai dengan firman-Nya di dalam QS Fathir 35 : 10 yaitu :

مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْعِزَّةَ فَلِلَّهِ الْعِزَّةُ جَمِيعًا ۚ إِلَيْهِ يَصْعَدُ الْكَلِمُ الطَّيِّبُ وَالْعَمَلُ الصَّالِحُ يَرْفَعُهُ ۚ وَالَّذِينَ يَمْكُرُونَ السَّيِّئَاتِ لَهُمْ عَذَابٌ شَدِيدٌ ۖ وَمَكْرُ أُولَٰئِكَ هُوَ يَبُورُ [٣٥:١٠]

Barangsiapa yang menghendaki kemuliaan, maka bagi Allah-lah kemuliaan itu semuanya. Kepada-Nya-lah naik perkataan-perkataan yang baik dan amal yang saleh dinaikkan-Nya. Dan orang-orang yang merencanakan kejahatan bagi mereka azab yang keras. Dan rencana jahat mereka akan hancur. 

Melalui ayat ini Allah memberitahukan bahwa Kekuasaan dan Kemuliaan itu adalah milik-Nya . Jadi perb uatan dan kata-kata yang baik yang diucapkan dan dikerjakan oleh manusia itu adalah dari-Nya dan akan terangkat kepada-Nya . Amal yang terangkat ke sisi-Nya adalah suatu amal yang penuh kehormatan. Dan amal itulah yang diterima Allah. Amat yang diterima Allah ini adalah yang akan menyelamatkan manusia di dunia dan di akhirat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar