Senin, 04 November 2013

APAKAH HATI BISA MATI ?

Rasulullah saw bersabda, " Di dalam tubuh manusia ada segumpal daging , apabila daging itu bersih, maka bersihlah seluruh tubuh, dan apabila daging itu kotor, maka kotorlah seluruh tbuh, dan daging tersebut namanya hati " ( Al Hadits )

Hati adalah raja di raja nya tubuh, semua kekuasaan, kekuatan, keyakinan, kebenaran, keberanian, kesabaran, ketabahan, ketawakalan, kesejahteraan, kebahagiaan adanya di dalam hati, nurani .  Itu semua adalah karakter yang baik yang bisa menyelamatkan kita . Sombong, ego, kikir, bakhil, syirik, iri, dengki, mau menang sendiri, ujub, riya, takabur, hawa nafsu , juga adanya di dalam hati. Itu semua adalah karakter yang jelek. Yang akan membuat kita celaka.

 Kendali dari semua itu adalah apabila yang dijalani yang baik-baik, maka nurani lebih kuat dari hawa nafsu. Sebaliknya apabila hawa nafsu lebih kuat daripada nuraninya, maka selalu yang dikerjakan yang jelek, jelek. Cirinya adalah apabila kita mengerjakan yang menyimpang dari kebenaran menurut syariat tuntunan agama biasa biasa saja, tidak ada rasa takut dan tidak punya rasa sesal, bahkan sangat menikmati perbuatan tersebut, berarti hati kita sudah mati . Sebaliknya apabila di hati ada rasa sesal yang amat sangat, dan merasa takut akan siksa dan azab Allah, takut kalau-kalau Allah murka, takut bahwa semua perbuatannya itu akan di hadapkan kepada Allah, dan akan di adili oleh Allah, berarti hati nya masih hidup

Jadi hati dikatakan hidup apabila masih senang melakukan segala perbuatan yang disukai dan diridi Allah, dan hati dikatakan mati apabila melakukan segala perbuatan yang menyimpang dari aturan Allah dan Rasul-Nya, tidak ada rasa sesal dan tidak ada rasa takut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar