Jumat, 15 November 2013

JADILAH PRIBADI YANG ASLI, JANGAN DIBUAT-BUAT

Jangan mudah meniru-niru dan mengenakan ciri kepribadian orang lain, atau umat lain.Karena hal itu akan menjadi yang tak mudah reda bagimu. Orang-orang yang lupa dengan dirinya sendiri, suaranya, gerakan tubuhnya, ucapannya, kemampuannya, dan kondisinya sendiri, kebanyakan akan meniru-niru budaya bangsa lain. Dan itulah yang dinamakan dengan latah, mengada-ada, berpura-pura, dan membunuh paksa bentuk dan wujud dirinya sendiri, keaslian dirinya sendiri.

Sejak zaman Nabi Adam as sampai dengan makhluk terakhir ciptaan Allah itu, tidak pernah ada dua orang yang rupanya persis sama. Lalu mengapa masih ada orang yang memaksakan diri untuk menyamakan prilaku dan kepribadiannya dengan bangsa lain ?

Dalam catatan sejarah kehidupan ini anda adalah sesuatu yang lain daripada yang lain, anda adalah anda. Tidak ada seorangpun yang menyerupai anda. Belum pernah ada seorangpun yang diciptakan sama dengan anda, dan tidak akan pernah ada orang yang akan serupa dengan anda di kemudian hari. Oleh karena itu jangan  memaksakan diri untuk berbuat latah dan meniru-niru kepribadian orang lain. Tetaplah berpijak dan berjalan pada kondisi dan karakter anda sendiri. Sebagaimana firman Allah swt di dalam Q.S Al Baqarah 2 : 60 yaitu :

قَدْ عَلِمَ كُلُّ أُنَاسٍ مَشْرَبَهُمْ ۖ كُلُوا وَاشْرَبُوا مِنْ رِزْقِ اللَّهِ وَلَا تَعْثَوْا فِي الْأَرْضِ مُفْسِدِينَ [٢:٦٠]

Sungguh tiap-tiap suku telah mengetahui tempat minumnya (masing-masing). Makan dan minumlah rezeki (yang diberikan) Allah, dan janganlah kamu berkeliaran di muka bumi dengan berbuat kerusakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar