Rabu, 07 Mei 2014

SURAT AT TIIN AYAT 7 - 8



Allah swt berfirman di dalam QS  At Tiin  ayat  7  -  8  yaitu

فَمَا يُكَذِّبُكَ بَعْدُ بِالدِّينِ [٩٥:٧]أَلَيْسَ اللَّهُ بِأَحْكَمِ الْحَاكِمِينَ [٩٥:٨]
Maka apakah yang menyebabkan kamu mendustakan (hari) pembalasan sesudah (adanya keterangan-keterangan) itu? ,  Bukankah Allah Hakim yang seadil-adilnya?

Melalui kedua ayat ini Allah memberitahukan kepada kita bahwa Alah swt telah menciptakan manusia sebagai makhluk terbaik, termulia dan amat sempurna. Lalu Dia menyiapkan agama untuk dijadikan pegangan dan pedoman hidup . Agar agama tersebut dapat dimengerti, difahami oleh manusia , maka Allah memilih dan mengangkat seorang Rasul yaitu Nabi Muhammad saw dengan tujuan menyampaikan ajaran agama kepada manusia, memberikan peringatan dan memberikan berita gembira tentang Kitabnya Allah yaitu Al Qur’an.

Memberikan peringatan kepada manusia bagi yang tidak mau tunduk, taat, patuh kepada Allah, Al Qur’an dan RasulNya, maka akan menerima bencana di dunia berupa siksa dan di akhirat berupa azab. Dan memberikan berita gembira bagi manusia yang taat, tunduk dan patuh kepada Allah dan RasulNya serta Al Qur’an, maka  kepada mereka akan diberikan tempat yang terbaik yang penuh dengan kenikmatan dan kebahagiaan berupa surga.

Nabi Muhammad saw pun melaksanakan tugas itu sesuai dengan amanat Allah, menjelaskan ayat ayat Allah yang sudah tercantum di dalam Al Qur’an, baik yang nyata yaitu kejadian-kejadian serta tuntunan kehidupan di dunia, maupun yang tidak nyata yang merupakan hari pembalasan. Mengapa disebut hari pembalasan ? Karena semua perbuatan manusia baik yang nampak maupun yang tidak nampak, besar maupun kecil, disengaja maupun tidak disengaja, semuanya akan diberikan balasan. Yang  berbuat baik akan dibalas dengan kebaikan, dan yang berbuat buruk pun akan dibalas dengan keburukan sesuai dengan apa yang telah dilakukannya.

Maka dari itu dari uraian di atas Allah mengajukan pertanyaan kepada manusia yaitu setelah ada penjelasan tentang ayat ayatNya oleh RasulNya berdasarkan keterangan yang nyata, apakah masih tidak percaya ? Berarti mereka disebutnya telah mendustakan RasulNya, juga mendustakan Al Qur’an serta otomatis mendustakan Allah.

Makanya pada ayat yang ke delapan Dia menjelaskan bahwa Dia itu Maha Adil. Yang namanya adil itu tidak akan merugikan siapapun. Bagi manusia yang beriman dan bertaqwa kepadaNya dan RasulNya serta KitabNya ( Al Qur’an ), maka akan dimuliakan olehNya. Mengapa dimuliakan ? Karena telah mentaati aturan mainNya dan RasulNya. Dan bagi yang mendustakan maka akan dihinakan oleh Allah, bahkan lebih hina daripada binatang.


Semoga kita semua termasuk golongan orang-orang yang dimuliakan Allah, bukan yang dihinakan Allah. Semoga kita semua selalu dalam bimbingan, taufik dan hidayah Allah, dalam naungan rahmatnya Allah dan segala perbuatan kita akan diridoi Allah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar