Sabtu, 29 Agustus 2015

HARI KEBANGKITAN DARI ALAM KUBUR ( QS 99 : 6 - 8 )

HARI  BENAGKITAN  DARI  ALAM  KUBUR  (  QS 99 : 6 – 8 )

Allah swt berfirman di dalam QS Al Zalzalah ayat 6 – 8 yang berbunyi

Yauma idzin yashdurunaasu asytaa tan liyuraw a’maa lahum  --  faman ya’mal mitsqaala dzarratin khairan yarah  --  waman ya’mal mitsqaala dzarratin syarran yarah .( QS 99 : 6 – 8 )

Pada hari itu manusia keluar dari kuburnya dalam keadaan berkelompok – kelompok, untuk diperlihatkan kepada mereka ( balasan ) semua perbuatannya  --  maka barangsiapa yang yang mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya ia akan melihat ( balasan ) nya dan barangsiapa mengerjakan kejahatan seberat zarrah, niscaya ia akan melihat ( balasan ) nya

Setelah Allah menjelaskan tentang awal proses terjadinya Hari Kiamat, kemudian Dia melanjutkan penjelasannya ada peristiwa apakah selanjutnya setelah terjadinya kiamat tersebut

Kejadian berikutnya adalah manusia dibangkitkan dari alam kubur seperti orang yang baru bangun tidur, kemudian mereka digiring ke suatu padang yang luas dan datar yaitu padang mahsyar, 

dan mereka langsung membentuk kelompok-kelompok, yang pastinya ada tanda tertentu untuk setiap kelompoknya, dan bentuk manusianyapun keadaannya berbeda-beda, ada yang hitam legam, ada yang putih bercahaya dan lain sebagainya. 

Dan di padang mahsyar itulah manusia akan ditanyai satu persatu untuk dimintai pertanggung jawabannya di hadapan Raja Yang maha Adil yaitu Allah Tuhan yang Maha Esa, apa yang dilakukannya selama berada di dunia, dan tidak ada yang terlewatkan sedikitpun. 

Setelah ditanya tentang perbuatannya, kemudian kitab amal perbuatannya itu ditimbang ( Mizan ) . Bagi yang banyak amal kebaikannya maka timbangan akan berat ke kanan dan kitab amal tersebut kemudian diberikan Allah kepada pemiliknya , dan akan diterima dengan tangan kanan. 

Bagi yang menerima kitab amal tersebut dengan tangan kanan berarti ia menjadi manusia yang beruntung di sisiNya. 

Sebaliknya bagi yang amal kebaikannya sedikit, maka timbangan akan berat ke kiri, dan kitam amalpun akan diterima dengan tangan kiri. 

Dan bagi yang menerima kitab amal dengan tangan kiri, maka ia termasuk golongan orang-orang yang celaka di sisi Allah. 

Semua dibalas sesuai dengan amal perbuatannya masing – masing, tidak ada yang dirugikan sedikitpun.  

Yang beruntung akan menjadi orang yang bahagia di sisiNya, karena akan mendapatkan berbagai macam kenikmatan dariNya, 

Sedangkan yang celaka akan mendapatkan siksa dan azab dari Allah, dan semuanya itu kekal selama-lamanya di tempatnya masing-masing.

Semoga saja setelah kita membaca dan menyimak surat Al Zalzalah dari ayat 1 – 8 ini kita akan semakin dekat lagi ke Allah, 

hati kita semakin dibuka lebar-lebar sehingga Allah berkenan memberikan rahmatNya , barakahNya dan ridhaNya kepada kita semuanya. 

Dan semoga saja taufik, hidayah, inayah dan maunahNya selalu menyertai kita dimanapun kita berada dan kemanapun kita pergi .

Ya Allah ampunilah kami semua atas dosa2 yang telah kami perbuat. Berilah kami semua bimbinganMu, petunjukMu, hidayahMu agar kami selalu berada di jalanMu jalan yang diridhai olehMu.


Ya Allah ampunilah pula dosa2 kedua orang tua kami , saudara2 kami sesama muslim dan yang beriman, terimalah iman islam kami, amal ibadah kami, maafkanlah segala kekeliruan dan kelalaian kami, hapuskanlah segala kesalahan kami. 

Aaaaamiin Yaa Rabbal’aalamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar