Rabu, 20 November 2013

ALLAH MENUNTUT MANUSIA SE DUNIA

TUNTUTAN ALLAH TERHADAP MANUSIA SE DUNIA

Allah swt menciptakan manusia itu dan menempatkannya di dunia yang merupakan tempatnya, segala sesuatunya telah disediakan, keselamatannya dijamin, namun manusia juga selama berada di dunia ini dituntut dua hal yaitu lahir dan batin. Lahirnya manusia harus menjalani perintah Allah dan menjauhi apa yang dilarang Allah. Sedangkan batinnya tetap berpegang teguh dengan Allah. Apabila manusia telah mampu menjalani ini berarti dia telah diberi rezki oleh Allah dan karunia-Nya ( kenikmatan-Nya ) lahir dan batin.

Manusia belum dikatakan patuh dan taat kepada semu perintah Allah, apabila dia tidak berpegang teguh kepada segala perintah-Nya dan menjauhi segala larangan-Nya . Keteguhan hati berpegang teguh kepada perintah Allah dan tidak mudah melepaskannya adalah syarat mutlak bagi orang yang arif dan makrifat mendekatkan diri kepada Allah dan memohon pertolongan-Nya. Ingin mendapatkan pertolongan dari Allah ada  syaratnya yaitu istiqamah dlam menjalani perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Pemberian Allah itu berupa rezki, ilmu, ketenangan jiwa, kesehatan jasmani dan rohani sangat erat dengan bagaimanakah seorang hamba dalam mentaati perintah dan larangan Allah. Tidaklah mungkin Allah akan menolong hamba-Nya yang suka melanggar perintah dan menerjang larangan-Nya.

Apabila seorang hamba mengharapkan kepuasan dalam ibadah, akan tetapi ibadahnya acak-acakan, sebentar melaksanakan sebentar tidak, sebagian dikerjakan sebagian ditinggalkan. Bagaimana pula seorang hamba merasa cukup kekayaan lahir dan kekayaan batinnya, kalau hubungan dengan Allah tidak diperkaya dan diperbanyak. Sangatlah mustahil kalau seorang hamba ingin agar rezkinya dari Allah itu mencukupi apabila hubungan dengan-Nya tidak dia cukupi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar