Minggu, 17 November 2013

MANUSIA ISTIMEWA DI SISI ALLAH


GOLONGAN HAMBA ALLAH YANG ISTIMEWA

Ada dua golongan hamba Allah yang istimewa yaitu golongan muqarrabin dan golongan  abrar. Yang termasuk golongan muqarrabin adalahmereka yang mencari mardatillah ( rido Allah ) yang dengan membebaskan diri dari pengaruh duniawi dan mengkhususkan dri hanya beribadah semata, mendekati Allah nya sesalu berada dalam ketaatan. Golongan ini namanya golongan hamba yang afif lagi muhibbin. Sedangkan golongan abrar adalah hamba yang sangat taat beribadah dan menjalankan amalan sunah dengan baik, namun golongan ini msih terikat dengan kehendak duniawiyah. , karena keinginan dunia, seperti harta dan derajat, masih mengunggulinya. Ibadahnya golongan abrar selain suatu kewajiban yang mutlak, mereka berharap akan mendapat pembalasan dari Allah berupa kenikmatan surga yang abadi. Golongan ini namanya  golongan zahid yang abid.

Allah memberikan karunia-Nya kepada para hamba-Nya desuaikan dengan kemampuan dan kedudukan sang hamba di sisi-Nya. Jadi janganlah menyepelekan, mencemoohkannya, atau memperolok-olokannya, sebab tidak ada yang mampu melihat kekhususan dai karunia Allah yang mereka miliki.Mereka
Selalu mengingat Allah dengan tekun disertai wiridnya, merupakan karunia Allah. Kelak mereka akan mampu melepaskan dirinya dari ikatan duniawi, walaupun mereka berada di dalam lingungan kidup duniawi dan manusia umumnya. Karena ibadah yang dijalaninya tetap, maka dia akan berada di maqam yang khusus.

Ada dua golongan yang mengkhususkan dirinya beribadah, ada pula golongan yang mengkhususkan dirinya hanya mencintai Allah semata. Kedua golongan ini masing-masing memperoleh karunia besar dari Allah, yaitu karunia yang tidak ada batasnya.

Ibadah dengan taqarub yang khusus kepada Allah baik dalam bentuk lahir maupun batin, ini merupakan karunia Allah khusus bagi para hamba yang selalu menepati waktu yang ditentukan, dn membiasakan dirinya beribadah dengan tetap dan tekun. Dan ibadah ini merupakan bagian dari kesempurnaan makrifat manusia kepada Allah, sehingga atas izin-Nya , dia bisa menyingkap rahasia-rahasia yang terbungkus di alam gaib, lalu menjadi ilmu yang sangat berguna bagi kehidupan manusia. Ilmu itu tidak begitu saja diperoleh tanpa taqarub yang tetap kepada Allah, mereka juga telah diuji oleh Allah secara langsung baik fisiknya, mentalnya di dalam kehidupan sehari-hari.


Adapun karunia warid dari Allah selalu turun kepada manusia secara mendadak, agar para ahli ibadah tidak mendakwahkan dirinya sebagai seorang yang menerima warid dari Allah, karena telah mengadakan persiapan dan latihan terlebih dahulu. Maksudnya apabila seorang hamba telah meningkatkan amal wiridnya, jangan sampai dia berharap-harap datangnya warid. Jadi warid Ilahiyat itu merepakan anugerah Allah yang sangat tinggi untuk para hamba yang terpilih, dengan izin dan iradah Allah semata. Warid Ilahiyat adalah anugerah Allah yang sangat luar biasa, dia datangnya secara mendadak, tidak dapat ditentukan waktunya, sebab tidak bisa disamakan dengan ibadah lainnya. Tetapi dia adalah hasil ibadah para hamba yang taat dan saleh secara keseluruhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar