Senin, 21 April 2014

SURAT YAASIIN AYAT 81 - 83



Allah swt berfirman di dalam QS Yaasiin ayat 81 - 83  yaitu  :

أَوَلَيْسَ الَّذِي خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ بِقَادِرٍ عَلَىٰ أَنْ يَخْلُقَ مِثْلَهُمْ ۚ بَلَىٰ وَهُوَ الْخَلَّاقُ الْعَلِيمُ [٣٦:٨١]
Dan tidaklah Tuhan yang menciptakan langit dan bumi itu berkuasa menciptakan yang serupa dengan itu? Benar, Dia berkuasa. Dan Dialah Maha Pencipta lagi Maha Mengetahui.

إِنَّمَا أَمْرُهُ إِذَا أَرَادَ شَيْئًا أَنْ يَقُولَ لَهُ كُنْ فَيَكُونُ [٣٦:٨٢]
Sesungguhnya keadaan-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: "Jadilah!" maka terjadilah ia.

 فَسُبْحَانَ الَّذِي بِيَدِهِ مَلَكُوتُ كُلِّ شَيْءٍ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُونَ [٣٦:٨٣]
Maka Maha Suci (Allah) yang di tangan-Nya kekuasaaan atas segala sesuatu dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.

Ini adalah penjelasan ayat - ayat terakhir daripada surat Yaasiin, melalui ketiga ayat ini Allah swt  mengajukan pertanyaan kepada kita semua , setelah menerima penjelasan dari ayat 1 s/d 80 apakah masih ada manusia yang bisa menyamai dengan apa yang telah Dia lakukan , dari mulai pemberian KitabNya , dijelaskannya tentang utusanNya untuk menyampaikan Kitab tersebut, proses tentang kematian, kebangkitan, pembentukan kembali manusia yang tulang belulangnya sudah hancur luluh berkalang tanah, juga tentang kebesarannya dan kekuasaannya beredarnya matahari dan bulan. pergantian antara malam dan siang, manfaat dan kegunaan binatang ternak, serta transpotasi alat angkutan baik memalui darat, laut maupun udara, masih adakah manusia yang mempu melakukan itu semua ?

Kalau tidak ada yang mampu berarti Al Qur'an yang ada itu harus dipelajarinya, diyakininya, dipahaminya, dihayatinya dan diamalkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Tidak ada perkara yang sulit bagi Allah, semuanya amat mudah, asalkan kitanya mau merubah diri.Allah akan memberikan apapun dan kepada siapapun yang Dia kehendaki dan Dia bisa juga mencaput apapun dari siapapun yang Dia kehendaki. Sungguh Dia Maha Kuasa atas segala sesuatunya.

Dia Maha Kuasa, Dialah yang menentukan segala sesuatu yang terjadi di alam semesta ini. Dia lah Pencipta apa yang ada di langit maupun apa yang ada di bumi. Dia Maha Mengetahi segala apa yang terjadi di alam semesta ini, baik yang sudah terjadi, yang sedang terjadi saat ini, maupun yang akan terjadi di masa yang akan datang. Dia Maha Suci, suci dari segala hal yang kotor, yang akan merusak segala sesuatu yang telah diciptakannya. BagiNya kalau perlu bertindak sesuatu hanya tinggal mengucapkan satu kata "Jadilah " maka atas kehendaknya jadilah sesuatu yang diinginkannya.

Semoga kajian surat Yasiin dari ayat 1 s/d 83 ini akan bermanfaat bagi kita semua, Dan andaikan di dalam penyampaian penjelasan ini salah, maka itu mutlak kesalahan dari ku, aku memohon kepada Allah agar mengampuniku, karena kesalahan itu dibuat bukan dengan sangaja. Dan andaikan apa yang disampaikan itu benar semuanya, berarti semata-mata atas petunjukNya, maka aku kembalikan kepadaNya, karena aku tidak memiliki apa-apa, hanya Dia lah pemilik segalanya terutama yang sudah ada pada diriku.

Semoga Allah semakin membukakan mata hatiku, dan kesemuanya yang selama ini terkunci rapat, dan semoga Allah selalu membimbing, menuntun kita semuanya agar kita masih tetap istiqamah berada di jalanNya, jalan yang lurus, sesuai dengan kehendakNya.
Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar