Senin, 10 Juni 2013

UTAMAKAN KEBERSIHAN


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Selamat berjumpa kembali dengan kamu BUTIR URAIAN AYAT AYAT AL QUR’AN dan reflkeksialamalquran
PENTINGNYA   KEBERSIHAN

Saudaraku Islam mengajarkan tentang kebersihan batin dah lahir. Maka jadikan kebersihan itu sebagai dasar kehidupan kita dimanapun juga baik dalam berhubungan dengan Allah maupun dengan sesame manusia.

Yang jelas menghadap kehadirat Allah itu harus dalam keadaan bersih dan suci, begitu pula kitika bergaul dengan sesama manusia. Syariat agama yang diubawa oleh Nabi Muhammad saw sebenarnya untuk mendidik umat manusia agar memiliki jiwa yang mulia. Dan Nabi Muhammad saw sendiri diberi tugas oleh Allah swt untuk membentuk masyarakat yang bernafaskan agama, yang jiwanya dalam keadaan suci dan bersih, perjuangan hidupnya selalu didasarkan kesucian dan keikhlasan.

Rasulullah saw bersabda, “ Kebersihan itu adalah setengah dari iman “  ( HR Ahmad )

Jadi yang disampaikan oleh Rasulullah saw tadi harus bersih lahir dan batin, Kebersihan lahir seperti pakaian dan seluruh anggota tubuh. Sedangkan kebersihan batin yaitu bersih dari sifat tercela seperti takabur, membanggakan diri, sombong, ego, pendendam ,kikir, bakhil, dll.
Kebersihan lahir akan sempurna apabila dibarengi dengan kebersihan batin.  Sebaliknya kebersihan batin akan terlihat buahnya dengan jelas apabila diikuti dengan kebersihan lahir..
Firman Allah di dalam Q.S Al Muddatsir 74 : 4 – 6 yang berbunyi sebagai berikut

وَثِيَابَكَ فَطَهِّرْ [٧٤:٤]وَالرُّجْزَ فَاهْجُرْ [٧٤:٥]وَلَا تَمْنُن تَسْتَكْثِرُ [٧٤:٦]  

 dan pakaianmu bersihkanlah,--- dan perbuatan dosa tinggalkanlah,--- dan janganlah kamu memberi (dengan maksud) memperoleh (balasan) yang lebih banyak
 
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar