Senin, 04 Maret 2013

MENJADI ORANG YANG SALEH


Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,
Salam dan bahagia,

Salam jumpa lagi bersama Butir Uraian Ayat Ayat Al Qur’an dan Refleksi Alam Al Qur’an.

Para sahabat sekalian ada yang bertanya kepada Fudhail ibnu “Iyadh yaitu kapankah seseorang itu menjadi saleh  ?. Dan Beliau menjawab bahwa seseorang akan menjadi saleh apabila empat prilaku berikut ini sudah tertanam di tubuhnya yaitu :

    1. Kejujuran sudah berperan di kalbunya;
    2. Takut sudah bertempat di hatinya;
    3. Kebenaran sudah berada di lisannya ;
    4. Amal saleh sudah memenuhi seluruh anggota badannya.
Itulah gambaran gambaran tentang orang yang saleh. Semua orang ingin menjadi orang yang saleh,  sementara jalan untuk menjadikan orang itu saleh tidak ditempuhnya. Kalau memang sudah yakin maka mintalah petunjuk kepada Allah, karena hanya Dia yang bisa memberikan jalannya. Sebagaimana FirmanNya di Q.S Al Ahqaf 46 : 15 yang artinya  : Ya Tuhan kami, berilah aku petunjuk agar aku bisa mensyukuri segala nikmatMu yang telah Engkau karuniakan kepada kami dan kepada kedua orang tua kami, dan berilah aku petunjuk agar aku bisa berbuat amal saleh yang Engkau ridoi dan berilah aku kebaikan yang mengalir terus menerus sampai kepada anak cucuku. Sungguh aku memohon ampunanMu , bertobat dan berserah diri kepadaMu.

Dan pada ayat 16 nya Allah menjelaskan bahwa siapa saja yang mau membaca doa ini dengan tulus dan ikhlas karena Allah, maka Dia telah memberikan jaminan kepada yang berdoa . Apakah jaminannya ? Jaminannya adalah segala amal kebaikan si pendoa akan diterima oleh Allah swt dan segala kesalahan si pendoa akan dihapuskan olehNya. Allahu Akbar Subhanallaah

Barakallaahufiikum…… salam santun dari kami untuk para sahabat semua

Wasaalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh,
Salam dan bahagia

Penulis       : Ki Kartawijaya  Al Adiyat
Pekerjaan   : Anggota Perguruan Tamansiswa Cabang Cirebon.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar