Jumat, 14 Juni 2013

AMAL SALEH



Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Selamat berjumpa kembali dengan kami BUTIR URAIAN AYAT AYAT AL QUR’AN dan refleksialamalquran

AMAL   SHALEH

Pada hakekatnya agama Islam itu adalah agama amal, maksudnya agama yang menganjurkan beramal. Agama yang menganjurkan dan memerintahkan kepada pemeluknya agar beramal, baik untuk kepentingan pribadinya, kelarganya maupun kepentingan masyarakat agar mendapatkan rido Allah.

Andaikata iman diibaratkan seperti pohon, maka amal kebaikan adalah sebagai buahnya. Iman sebagai pohon dan amal sebagai buahnya. Pohon yang sempurna adalah pohon yang berbuah. Termasuk iman yang sempurna adalah  iman yang dapat membuahkan amal kebaikan. Apabila iman atau keyakinan itu tidak dapat membuahkan amal kebaikan, menunjukkan bahwa imannya tidak sempurna.

Sesungguhnya Rasulullah saw, nabi kita Nabi Muhammad saw itu tidak hanya pandai bicara, dan kata-katanya benar-benar menarik perhatian, namun dibalik itu semua sebenarnya beliau sendiri adalah pelopor di dalam beramal penganjur beramal nomor satu. Beluai sendiri telah beramal untuk kepentingan agama dan orang-orang Islam di dunia ini. Beliau telah beramal juga untuk kepentingan kemanusiaan, kesucian dan keadilan kepada umat manusia.

Allah berfirman di dalam Q.S Al An’am 6 : 135 yang berbunyi sebagai berikut

قُلْ يَا قَوْمِ اعْمَلُوا عَلَىٰ مَكَانَتِكُمْ إِنِّي عَامِلٌ ۖ فَسَوْفَ تَعْلَمُونَ مَن تَكُونُ لَهُ عَاقِبَةُ الدَّارِ ۗ إِنَّهُ لَا يُفْلِحُ الظَّالِمُونَ [٦:١٣٥]
Yang artinya sebagai berikut, Katakanlah: "Hai kaumku, berbuatlah sepenuh kemampuanmu, sesungguhnya akupun berbuat (pula). Kelak kamu akan mengetahui, siapakah (di antara kita) yang akan memperoleh hasil yang baik di dunia ini. Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu tidak akan mendapatkan keberuntungan “.

Saudaraku melalui ayat ini Allah swt memerintahkan Rasulullah saw agar umatnya disuruh beramal, kalau beliau menyuruh orang lain, maka Allah  juga menganjurkan agar sebelum orang lain beramal, tunjukkan dulu dirinya beramal. Jangan sampai seperti kebanyakan orang di zaman sekarang, menyuruh orang lain berbuat, namun sendirinya tidak berbuat apa-apa, walaupun tidak semuanya berbuat seperti itu..

Dengan semangat beramal inilah umat Islam di zaman Nabi saw mengalami kemajuan dan kejayaan, dan melalui semangat beramal inilah ajaran-ajaran agama yang luhur itu dapat diamalkan dengan sungguh-sungguh.

Agar didapat amal kebajikan yang sebanyak-banyaknya maka kita harus mengikuti apa yang telah dijelaskan ayat, “ walaa kin-nal birro man aa mana billaahi wal yaumil aakhiri  “ yang artinya sebagai berikut , “ untuk mencapai amal kebaikan yang paling benar, maka hendaknya seseorang dalam hidup ini, mempercayai dengan sungguh-sungguh adanya Dzat Yang Maha Kuasa yaitu Allah dan mempercayai adanya hari kiamat

Kitab-kitabsuci para nabi bisa memberikan lampu cahaya dunia, petunjuk ke jalan ke arah  kesempurnnaan hidup manusia di dunia. Selain dari itu hendaknya taat dan patuh pada perintah Allah swt dengan mengerjakan shalat secara baik dan benar, gemar bersedekan dan zakat serta beramal lainnya.

Barakallaahufiikum …….. Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar