Senin, 17 Juni 2013

KEWAJIBAN BERPUASA KE 7




Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh
Salam dan bahagia

Selamat berjumpa lagi dengan kami BUTIR URAIAN AYAT AYAT AL QUR’AN dan refleksialamalquran

KEWAJIBAN BERPUASA  KE  7

Rasulullah saw bersabda, “ Apabila tiba malam pertanda bulan Ramadhan, maka Allah berfirman: “ Barang siapa yang mencintai Kami, maka Kamipun mencintainya, dan barangsiapa yang mencari Kami maka Kamipun akan mencariya, dan barang siapa yang memohon ampunan kepada Kami, maka Kamipun mengampuninya demi kehormatan bulan Ramadhan “  ( Zubdatul Wa’izhin )

Rasulullah saw bersabda, “ Demi kehormatan bulan Ramadhan Allah swt menyuruh para Malaikat Pencatat yang mulia pada bulan Ramadhan, supaya mencatat segala kebaikan mereka dan tidak mencatat segala keburukan mereka, dan Allah swt menghapuskan segala dosa mereka yang telah lewat “( Zubdatul Wa’izhin )

Saudaraku dari kedua Hadits ini kita dapat penjelasan dari Rasulullah saw bahwa
1. Puasa Ramadhan adalah puasa untuk Allah dan Dia menghormati bulan Ramadhan;
2. Yang mau melaksanakan ibadah puasa Ramadhan berarti yang mentaati Allah 
3. Orang yang mentaati Allah berarti mencintai Allah, maka Allahpun akan mencintainya;
4. orang yang berpuasa Ramadhan mau mencari Allah, maka Allahpun akan mencarinya;
5. orang yang berpuasa Ramadhan meminta rohmat-Nya ,maka Allah akan merohmatinya;
6. Orang yang bberpasa Ramadhan memohon ampun atas dosa-dosanya, maka Allah akan mengampuninya. 
7. Orang yang berpuasa Ramadhan memohon taubat kepada Allah, maka Allah akan menerima taubatnya.
8. Bagi orang yang berpuasa Ramadhan Allah memerintahkan kepada malaikat agar segala kebaikan yang dilakukannya dicatat, namun apabila dia berbuat keburukan jangan dicatat.
9. Bagi orang yang berpuasa Ramadhan yang kesemuanya dari 1 s/d 8 hanya untuk Allah ,maka segala dosa-dosanya yang telah lewat akan dihapuskan.

Saudaraku alangkah kasih sayangnya Allah terhadap pada hamba-Nya, walaupun kita berpuasa Ramadhan itu untuk-Nya, namun sungguh sangat luar biasa imbalan yang diberikan Allah terhadap orang yang menghormati Bulan Ramadhan, yang menerimanya dengan suka cita, kemudian berpuasa Ramadhan dengan tulus dan ikhlas hanya untuk Allah. Semua apa yang terlah dilakukan selama bulan Ramadhan akan dikembalikan lagi kepada kita semua dengan imbalan yang sangat luar biasa.

Seandainya semua makhluk Allah berpuasa semua di bulan Ramadhan, sungguh tidak akan membuat Allah menjadi semakin kaya, atau kalau semua makhluk Allah tidak berpuasa semua di bulan Ramadhan juga tidak akan membuat Allah semakin miskin. Jadi alangkah bodohnya makhluk Allah yang tidak mau melaksanakan puasa di bulan Ramadhan. Ini suatu kerugian yang sangat besar bagi dirinya. Karena apakah dia yakin akan bertemu lagi dengan Ramadhan di tahun mendatang ? Sungguh tidak ada yang tahu, termasuk puasa Ramadhan yang kita jalani selama ini yakin sudah sesuai belum dengan yang Allah harapkan ? Ini pun sungguh tidak ada yang tahu. Semuanya rahasia Allah. Akan tetapi kita selalu mengharap agar puasa Ramadhan yang telah dikerjakan diterima di sisi-Nya dan Ramadhan yang akan dilaksanakan nanti akan bisa lebih baik dari Ramadhan tahun yang lalu.

Saudaraku marilah kita bersiap-siap untuk menyambut datangnya bulan suci, bulan yang agung yaitu bulan Ramadhan, semoga kita masih dipertemukan dengan Ramadhan ini, dan dapat melaksanakan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh Allah swt. 

Barakallaahufiikum wassalamu’alaikum warmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar