Sabtu, 27 Juli 2013

KEBAIKAN DAPAT MENGHAPUS KEJAHATAN



Assalamu'alaikum warahmatullah wabaakaatuh

Selamat jumpa lagi dengan kami BUTR URAIAN AYAT AYAT AL QUR'AN dan refleksialamalquran

KEBAIKAN DAPAT MENGHAPUS KEJAHATAN  

Rasulullah saw bersabda, “ Takutlah engkau kepada Allah dimana saja engkau berada, dan susul ( tutup ) lah sesuatu kejahatan itu dengan kebaikan, pasti Allah akan menghapusnya  dan bergaullah sesama dengan budi pekerti yang baik “.

Saudaraku dari Hadits di atas kita dapat membuat kesimpulannya yaitu di dalam kehidupan ini ada tiga macam hak kewajiban :

1.      Hak kewajiban kita terhadap Allah;
2.      Hak kewajiban kita terhadap diri sendiri;
3.      Hak kewajiban kita terhadap orang lain dalam lingkungan masyarakat.

Saudaraku hak kewajiban kita terhadap Allah adalah Allah sudah memberikan kewajibannya kepada kita, yaitu Dia memelihara kita, melindungi kita, menyelamatkan kita, mencukupi segala kebutuhan kita dsb, dan Dia pun akan menuntut hak-Nya kepada kita, yaitu agar kita beribadah kepda-Nya, beriman dan bertaqwa kepada-Nya serta hanya Dia – lah yang berhaq disembah. Kemudian hak kita telah kita terima dari Allah yaitu berbagai macam kenikmatan, keselamatan, kesenangan, kesejahteraan dan kebahagiaan. Sekarang kewajiban kita kepada Allah adalah dengan melaksanakan  tugas dari-Nya yaitu beriman dan bertaqwa kepada-Nya, beribadah hanya untuk-Nya, serta beramal saleh juga hanya untuk-Nya.

Saudaraku sekarang hak kewajiban kita terhadap diri sendiri yaitu Allah tidaklah mungkin memberikan sesuatu kepada kita secara langsung, akan tetapi Dia akan menguji kita dulu, kalau dari ujian yang Dia berikan kepada kita lulus ,maka barulah Dia akan memberikan imbalan atas apa yang telah diujikan kepada kita. Oleh karena itu kita harus melaksanakan kewajiban kita kepada diri sendiri yaitu gunakan seluruh anggauta tubuh  kita sesuai dengan fungsi dan kegunaannya.

Saudaraku sekarang apakah hak kewajiban kita terhadap orang lain ? Kita harus bergaul dengan masyarakat. Dan dalam pergaulan itu kita harus saling memberi, mengingatkan, menolong, mengisi kekurangan, menyempurnakan kelemahan, karena kita sebagai manusia di satu sisi kita punya kelebihan ,namun di sisi lain ada kekurangan. Dan semua itu merupakan kewajiban kita di dalam menjalani kehidupan bermasyarakat. Apabila hal itu dapat dilaksanakan dengan baik dan benar, maka barulah kita akan menerima haknya. Dan semua itu Allah yang mengaturnya. Allah akan merubah kita kalau kita mau berubah sikapnya.

Barakallahufiikum....... Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar