Kamis, 18 Juli 2013

RASULULLAH SAW TERHADAP UMATNYA TENTANG 6 HAL

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Selamat berjumpa kembali bersama kami dengan BUTIR URAIAN AYAT AYAT AL QUR'AN dan refleksialamalquran.

Nabi saw memberitahukan 6 kalimat yang ada di Suhuf Musa yaitu : 1. Aku heran terhadap orang yang yakin adanya neraka, bagaimana dia dapat tertawa ; 2. Aku heran pada orang yang yakin akan mati, bagaimana dapat bergembira ; 3. Aku ajaib pada orang yang yakin akan adanya hitungan amal, bagaimana dia melakukan dosa; 4. Aku kagum pada orang yang percaya pada takdir ( ketentuan Allah ) bagaimana dia bersusah payah ; 5. Aku kagum pada orang yang melihat segala perubahan dunia bagaimana dia condong kepadanya ; 6. Aku ajaib pada orang yang yakin pada sorga bagaimana dia tidak berbuat baik. Laa ilaaha illallah, Muhammad Rasulullah

Saudaraku semuanya dari penjelasan Rasulullah itu mari kita simak satu persatu yaitu

1. Manusia itu mengetahui dan sadar bahwa neraka itu ada dan untuk tempat orang2 yang berbuat jahat atau keburukan, namun masih bisa tertawa karena mereka tidak yakin di neraka itu ada siksa atau azab yang seperti apa, karena mereka inginnya melihat dengan mata kepala sendiri, sehingga keyakinan ke arah itu tidak ada. Tidak usah jauh kita lihat api saja disuruh megang tidak mau, berarti takut akan panas, sedangkan api yang di dunia itu baru hawanya saja, jadi bisa dibayangkan kalau kita langsung bersentuhan dengan api neraka.

2. Karena tidak yakin akan neraka , maka berbuat jahat , keburukan, zina, riba, minum khamer, judi dianggapnya hal biasa, yang tidak akan menimbulkan akibat apapun artinya apa, neraka itu dianggap tidak ada sama sekali, manusia kalau sudah mati, lalu dikubur, selesailah urusan.

3. Di akhirat katanya ada hisab artinya dada perhitungan, namun kebanyakan manusia lebih senang berbuat dosa.

4. Bagi orang yang beriman pasti yakin bahwa semua kehidupan itu Allah yang menentukan, walaupun yang datang kepadanya itu kepahitan hidup. Mereka tidak mengeluh, walau dihadapinya dengan nsusah payah, karena akan diganti oleh Allah dengan imbalan yang lebih baik.

5. Bagi orang yang beriman perubahan dunia teknologi makin modern, mereka tetap tidak terpengaruh, malah mereka berfikir bagaimanakah caranya agar bisa mengikuti perubahan tersebut akan tetapi untuk mempersiapkan dirinya bekal hidup di akhirat.

6. Bagi orang yang beriman  yakin bahwa sorga itu  ada dan yakin bahwa sorga tidak akan didapatkan dengan mudah, akan tetapi harus melampui ujian dan cobaan yang Allah berikan, dan semua itu mereka hadapi dengan ikhlas, karena Allah setiap menguji hambaNya itu disesuaikan dengan kadar kesanggupannya masing-masing, artinya Dia Maha Adil, Dia tidak akan merugikan siapapaun, tidak akan menzalimi siapapun. Dan sebaik-baik ucapan adalah kalimat LAA ILAAHA ILLALLAH, MUHAMMADRRASUULULLAH

Barakallahufiikum...... Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar