Jumat, 30 Agustus 2013

APLIKASI SIMPATI DAN EMPATI

Simpati dan empati dapa ditumbuh kembangkan melalui

1. Pemenuhan kebutuhan yaitu untuk memenuhi kebutuhan seseorang dapat merasakan apa yang terjadi pada orang lain di saat kebutuhannya tidak dapat terpenuhi.

2. Memberi dan menerima. Dengan memberi berarti menanamkan expresi cinta dan kasih sayang, sedangkan menerima merupakan expresi pemahaman terhadap simpati dan empati yang dirasakan oleh si pemberi.

3. Merasa bebas. Maksudnya saat memberikan sesuatu kepada orang lain itu dirinya bebas dari segala hal. Murni hanya memberi, dan tidak mengharapkan seseuatu dari yang diberi.

4. Memiliki harapan. Dengan memberikan sesuatu kepada orang lain ada harapan agar yang diberi itu bisa berubah keadaannya ke arah yang lebih baik. Dari hal ini akan muncul pemahaman bahwa persoalan yang dihadapi orang lain adalah persoalan dirinya atau kelompoknya.

5. Memiliki tujuan yang jelas. Banyak di zaman sekarang ini orang tidak memiliki tujuan yang jelas. Mereka hanya menjalani kehidupan itu apa adanya. Apabila simpati dan empati ini bisa tumbuh dan berkembang di dalam dirinya, maka dia akan mengetahui apa yang diinginkannya dalam hidup ini dan sekaligus dapat menghayati apa yang menjadi kebutuhan orang lain.

6. Memperhatikan orang lain. Apabila dalam hidup ini melulu hanya kebutuhan pribadinya saja yang perlu perhatian orang lain, maka jangan harap orang lain akan simpati dan empati terhadap dirinya. Oleh karena itu tanamkan simpati dan empati terhadap orang lain, sehingga orang lainpun akan ada timbal balik terhadap dirinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar