Jumat, 30 Agustus 2013

HINDARI HAL-HAL YANG BISA MENURUNKAN KADAR SERETONIM

MENGAPA REMAJA SERING MENGALAMI MIGRAIN ATAU SAKIT KEPALA.

Pada usia remaja kebanyakan belum bisa mengontrol emosionalnya. Kemarahan adalah emosional yang wajar. Orang yang berusia dibawah 30th akan lebih sering mengalami migrain. Kita  harus belajar mengontrol kemarahan, bukan malah menekan dan mengabaikannya, mengungkapkannya secara taktis, menyerahkan pembalasannya kepada Tuhan dan mengampuni.

Cara menolong depresi akibat emosional yang tinggi adalah dengan belajar berhubungan dengan penyebab munculnya kemarahan, kemudian apakah dampak dari kemarahan itu, kemudian membicarakannya tidak memendamnya dan berdoa.

Selama dendam kepahitan masih kita simpan dalam hati kita, maka otak kita akan mengeluarkan seretonim, tanpa peduli berapa banyak pisang yang sudah kita makan. Yang intinya adalah  sudah seberapa baik kita mampu belajar mengatasi emosi kemarahan yang wajar namun berbahaya, sebaik itu juga lah kita dapat mengontrol fisiologi otak kita.


Di mata Tuhan manusia adalah ciptaannya yang sangat berharga. Jadi kita jangan merasa tidak berharga, meskipun lingkungan di sekitar kita menganggap kita tidak berharga. Jalani hidup untuk melaksanakan kehendak Tuhan. Cara berfikir seperti ini akan mencegah berkurangnya seretonim pada otak kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar