Senin, 16 September 2013

ALLAH MAHA LUAS PEMBERIANNYA

Allah swt berfirman di dalam Q.S Al Maidah 5 : 54 yaitu :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا مَنْ يَرْتَدَّ مِنْكُمْ عَنْ دِينِهِ فَسَوْفَ يَأْتِي اللَّهُ بِقَوْمٍ يُحِبُّهُمْ وَيُحِبُّونَهُ أَذِلَّةٍ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ أَعِزَّةٍ عَلَى الْكَافِرِينَ يُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا يَخَافُونَ لَوْمَةَ لَائِمٍ ۚ ذَٰلِكَ فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَنْ يَشَاءُ ۚ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ [٥:٥٤]

Yang artinya yaitu : " Hai orang-orang yang beriman, barangsiapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintai-Nya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad dijalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya), lagi Maha Mengetahui."

Melalui ayat ini Allah memberitahukan sekalingus memperingatkan orang-orang yang beriman bahwa 

1. Dia Maha Mengetahui apapun yang dikerjakan oleh para hamba-Nya ;
2. Dia Maha Luas Pemberiannya, dan Dia akan memberikannya kepada siapapun yang dikehendaki oleh-Nya ( apakah itu keimanan, rezki, ilmu, derajat, kelapangan, kemudahan atau sebaliknya ).
3. Bagi hamba yang ingkar atau murtad ( pindah agam ), mk akan digantikan oleh umat lain yang prilakunya lebih baik yaitu : 
a.sikapnya lemah lembut terhadap sesama orang yang berikan ;
b. sikapnya keras terhadap orang-orang yang mendustakan-Nya  ;
c.mereka mau berjihad di jalan Allah baik dengan hartanya maupun jiwanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar