Minggu, 27 Oktober 2013

BAGAIMANAKAH DENGAN ORANGTUA YANG SUDAH BERUSIA LANJUT ?

Allah swt berfirman di dalam Q.S Al Isra 17 : 23 yaitu :

 وَقَضَىٰ رَبُّكَ أَلَّا تَعْبُدُوا إِلَّا إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا ۚ إِمَّا يَبْلُغَنَّ عِنْدَكَ الْكِبَرَ أَحَدُهُمَا أَوْ كِلَاهُمَا فَلَا تَقُلْ لَهُمَا أُفٍّ وَلَا تَنْهَرْهُمَا وَقُلْ لَهُمَا قَوْلًا كَرِيمًا [١٧:٢٣]

Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. 

Melalui ayat di atas Allah swt selalu memperingatkan dengan tidak bosan-bosannya kepada kita semua agar jangan menyembah kepada selain Dia. Artinya Allah swt tidak mau dijadikan tandingan dengan siapapun dan dengan apapun, karena semua hal untuk kebutuhan manusia adalah dari Dia, dan segala urusan Dia pula yang menyelesaikan, termasuk Dia pula yang memberikan perlindungan dan keselamatan hamba-hamba-Nya.

Selain dari itu kita semua pasti punya orang tua ( ibu-bapak ). Mereka telah memilhara, memberikan kasih sayangnya kepada kita semua, terutama kepada ibu yang telah mengandung kita, melahirkan kita dan menyapihnya selama 30 bulan dengan susah payah . Mereka telah melakukan amanat Allah swt dengan segenap jiwa raganya, bahkan kalau perlu dengan nyawanya.

Allah swt memperingatkan kepada kita semua andaikata keduanya sampai usia lanjut, anggap saja sudah tidak bisa apa-apa,atau salah satunya sudah meninggal dunia,  tinggal dengan kita , maka perlakukan mereka dengan baik seperti mereka telah memperlakukan kita. Apalagi kalau mereka dititipkan di panti Lansia . Wah sungguh benar-benar perbuatan yang sangat tidak disukai Allah. Bahkan kalau tinggal serumah sering dibentak-bentak karena rewel, bawel, sering sakit-sakitan yang terkadang prilakukan banyak membuat ketidak cocokan di hati. Ingat setiap akibat pasti ada penyebabnya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar