Sabtu, 30 November 2013

APAKAH KEPRIBADIAN NASIONAL ITU ?

Yang dimaksud dengan masyarakat adalah suatu kehidupan bersama yang tersusun dan teratur sehingga merupakan suatu kesatuan organis yang dapat hidup dan berkembang, baik perkembangan jiwanya maupun kepribadiannya.

Yang dimaksud dengan budaya adalah cara hidup masyarakat yang meliputi segala segi kehidupan manusia.

Yang dimaksud dengan kepribadian nasional adalah apa pun yang tercermin dalam kebudayaan sebagai ciri khusus cara hidup kita sebagai nasion yaitu sebagai bangsa yang merdeka dan berdaulat.

Kepribadian nasional yang baik dan luhur itu bergantung kepada para warga bangsanya yang baik dan luhur secara paripurna.



Agar warga bangsa memiliki kepribadian nasional yang baik dan luhur dan dapat mengembangkan jiwa raganya secara paripurna atau lengkap, maka mereka perlu dibimbing. Selain mereka harus memiliki badan yang sehat dan kuat, juga mereka harus memiliki kemampuan untuk bekerja secara efektif, efisien, pragmatis, dan rasional.

Selain dari itu mereka juga harus dibimbing agar bisa mengembangkan aspek logikanya, etikanya, estetikanya dan religinya. Sehingga kehidupan mereka penuh dijiwai oleh nilai-nilai yang bersumber pada apa yang nyata dan benar ( logika ), yang baik dan susila ( etika ), yang indah dan artistik ( estetika ), juga yang bersumber kepada sila Ketuhanan, dalam gaya dan irama Pancasila.

Oleh karena itu pendidikan yang perlu disampaikan kepada mereka tidaklah cukup hanya bergerak di bidang ilmu dan teknologi saja, akan tetapi juga harus dilengkapi dengan bidang pendidikan jasmani. Selain dari itu juga harus dilengkapi dengan pendidikan di bidang filsafat, budi pekerti, kesenian dan Ketuhanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar