Rabu, 07 Mei 2014

SURAT AR RAHMAAN AYAT 1 - 2



Allah berfirman di dalam QS Ar Rahmaan  ayat  1  -  2  yaitu :

الرَّحْمَٰنُ [٥٥:١]عَلَّمَ الْقُرْآنَ [٥٥:٢]
Tuhan) Yang Maha Pemurah,  Yang telah mengajarkan al Quran.

Melalui ayat ayat ini Allah memberitahukan kepada kita bahwa Dengan sifatNya Yang maha Pemurah, Dia telah mengajarkan Al Qur’an kepada manusia, yang diawali dengan mengajarkannya kepada utusanNya yaitu Nabi Muhammad saw untuk disampaikan kepada umatnya ( manusia )

Barangsiapa yang mau berpegang teguh kepada Al Qur’an, dn mengikuti petunjuk-petunjuk yang ada di dalamnya, maka dia akan memperoleh kebahagiaan hidup baik di dunia maupun di akhirat.

Di zaman sekarang Al Qur’an pada punya tapi yang ada terjemahnya masih amat sedikit, sehingga apa yang dibacanya itu banyak yang tidak diketahui. Sedangkan yang dikehendaki Allah itu adalah kita harus bisa memahami ayat yang dibaca tersebut. Harus tahu artinya, lalu barulah diamalkan di dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan kadar kesanggupan kita masing-masing.

Allah tidak ingin mempersulit, atau memperberat hambaNya di dalam beribadah, akan tetapi kebanyakan manusianya yang mempersulit diri sendiri, menambahkan atau mengurangkan dari tuntunan, aturan yang sudah ditunjukkan oleh ayat ayat Allah. Sehingga banyak ayat-ayat Allah itu disalah gunakan oleh manusia untuk tujuan tertentu, mayoritas untuk tujuan keduniawian. Jadi yang diambil hanya ayat ayat tertentu saja atau surat surat tertentu saja.

Seperti surat yang sedang kita bahas ini. Mengapa surat ini sering dibaca, bahkan dijadikan wiridan dan mewajibkan sendiri. Kalau ditanya mengapa kamu baca seperti itu ? Tujuannya adalah untuk pengasihan, agar orang-orang banyak memberikan kasih sayang. Gak tahu dapat ilham darimana itu. Kalau ditanya kamu sudah baca belum arti ayat ayat yang ada di dalam surat Ar Rahman. Apa jawabnya “belum “. Itulah celakanya kalau kita tidak tahu arti ayat ayat yang dibaca, sehingga bisa mencelakakan diri kita sendiri.

Sedangkan yang namanya Al Qur’an itu ya semuanya dari mulai surat Al Fatihah sampai dengan surat An Naas , ada seratus ampat belas surat.Bukan hanya diambil hanya surat tertentu saja atau ayat ayat tertentu saja.


Semoga kita semua tidak berbuat seperti itu, dan marilah sejak saat ini kita baca Al Qur’an disamping baca Arabnya juga artinya. Kita baca pelan-pelan, sedikit demi sedikit, ayat per ayat. Lalu kita hayati , terus kita amalkan di dalam kehidupan sehari-hari, karena  Al Qur’an itu isinya adalah petunjuk, tuntunan dan pedoman hidup manusia agar manusia mendapatkan kebahagiaan di dunia maupun di akhirat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar