Rabu, 25 Juni 2014

AL QUR'AN SUMBER KEBANGKITAN DUNIA ISLAM


Al Qur'an adalah salah satu mukjizat yang diberikan Allan kepada Nabi Muhammad saw sebagai utusanNya,khusus untuk dirinya sendiri dan umumnya untuk disampaikan kepada umat manusia yaitu unuk memberikan merita gembira bagi yang mentaati nya ( Al Qur'an ) dan memberikan peringatan bagi mereka yang tidak mau mentaatinya.

Al Qur'an sampai sekarang adalah tuntunan hidup, pedoman hidup bagi manusia agar manusia dapat hidup selamat, sejahtera dan berbahagia, selama hidup di dunia dan juga untuk kehidupan akhiratnya.

Al Qur'an dari dulu sampai sekarang isinya tidak berubah, namun bentuk isi dan iramanya yang berubah disesuaikan dengan keadaan alam dan zaman, di mana alam dan zaman selalu berubah dengan mengikuti petunjuk yang ada di dalam Al Qur'an .

Al Qur'an dari dulu sampai sekarang dijamin keasliannya, tidak ada yang mampu membuat kitab lain yang sama dengan Al Qur'an. Jangankan satu kitab, satu ayat pun manusia tidak mampu membuatnya yang persis sama dengan ayat Al Qur'an isinya.

Al Qur'an turun di saat seluruh jazirah Arab dalam kegelapanan. Dan dengan turunnya Al Qur'an , berkat Al Qur'an berubah menjadi dunia baru yang disinari oleh cahaya keimanan dan penuh dengan kemajuan. Dan Dunia Islam mencapai puncak kemajuan peradabannya setelah semuanya bersendikan Al Qur'an.

Melihat dunia Islam amat maju, maka bangsa Baratpun berdatangan untuk berguru kepada dunia Islam kala itu untuk menimba kandungan ilmu dan nilai-nilai moral dari Al Qur'an . Sebagaimana firman Allah di dalam QS Ibrahim ayat 1 - 2 yaitu :

الر ۚ كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ لِتُخْرِجَ النَّاسَ مِنَ الظُّلُمَاتِ إِلَى النُّورِ بِإِذْنِ رَبِّهِمْ إِلَىٰ صِرَاطِ الْعَزِيزِ الْحَمِيدِ [١٤:١]
Alif, laam raa. (Ini adalah) Kitab yang Kami turunkan kepadamu supaya kamu mengeluarkan manusia dari gelap gulita kepada cahaya terang benderang dengan izin Tuhan mereka, (yaitu) menuju jalan Tuhan Yang Maha Perkasa lagi Maha Terpuji.

Mengapa bangsa Arab dikenal dengan bangsa jahiliyah  ?
Karena pada saat itu sebelum Islam datang masyarakatnya pada saat itu keras dan kasar. Mereka hidup saling berperang dan saling serang. Kasih sayang yang ada di kalbu mereka sudah ditanggalkan. Hukum rimba berlaku, siapa yang menang dialah yang jadi penguasa.. Kebuasan, keganasan, penindasan terhadap kaum lemah tumbuh subur, sehingga kaum yang lemah menjadi sengsara dan menderita .

Ajaran Rasulullah saw yaitu dengan Al Qur'an yang dibawanya telah mengeluarkan bangsa Arab dari kegelapan kepada alam yang terang dan telah menghidupkan mereka dari suatu umat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar