Selasa, 24 Juni 2014

AMPAT JELEK NAMUN AMPAT LEBIH JELEK



Menurut sebagian pendapat para ulama ahli hikmah ada ampat hal yang jelek , akan tetapi ada ampat hal lagi lebih jelek. Apakah itu  ?

1, Dosa yang dilakukan oleh kaum muda adalah jelek. Namun ada lagi yang lebih jelek yaitu dosa yang lakukan oleh kaum tua. Mengapa dikatakan demikian ?
Karena seharusnya kaum tua itu semakin sadar diri bahwa sisa sisa umur yang diberikan Tuhan itu dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Di dunia manusia itu masih bisa merubah diri, namun setelah roh pisah dengan sajad putuslah segala sesuatu kecuali kecuali tiga hal yaitu amal jariyah, ilmu yang bemanfaat dan anak yang soleh.

2. Sibuk dengan dunia bagi orang bodoh adalah jelek. Tapi sibuk dengan urusan dunia bagi orang alim itu lebih jelek. Mengapa dikatakan demikian ?
 Apabila manusia lebih mengutamakan kebutuhan dunianya dari pada akhiratnya berarti dia orang bodoh. Karena kehidupan dunia itu hanya sementara, akhirat ini kekal. Seharusnya adalah di dalam mencari kehidupan dunia itu diselipkan dan diutamakan untuk kepentingan akhiratnya. Yang celaka itu orang yang tahu agama yang seharusnya sikapnya itu lebih baik dari orang yang buta dalam hal agama. Makanya hukumannya akan lebih berat, disebutnya juga lebih jelek atau lebih buruk.

3. Malas beribadah bagi semua orang adalah jelek . Tapi malas beribadah bagi kalangan ulama dan santrinya lebih jelek. Mengapa dikatakan demikian ?
Karena tugasnya manusia  di dunia itu hanya menyembah Allah. Menyembah itu artinya mengabdi, mentaati, tunduk , patuh dan taat kepada Allah. Kalau yang tidak berarti menjadi kafir. Nah yang lebih buruk itu orang yang sudah mengerti tentang agama, lalu tidak mentaati aturan main Allah dan RasulNya.

4. Sombong bagi kaum kaya adalah jelek. Tapi sombong bagi kaum fakir lebih jelek. Mengapa dikatakan demikian ?
Karena seharusnya orang yang telah memiliki banyak harta itu bersikap dermawan, bukannya kikir. Jangan menghina orang yang fakir miskin atau lemah, namun kebanyakan mereka tidak mau bergaul dengan orang2 yang lebih rendah darinya. Naaah, yang lebih jelek lagi adalah orang yang memang keadaannya miskin tapi prilakunya sok orang kaya. Orang itu bodoh tapi prilakunya sok pinter. Inilah yang dikatakan orang yang lebih buruk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar