Rabu, 17 September 2014

SURAT AL BAQARAH AYAT 190



Allah swt berfirman di dalam QS Al Baqarah 2 : 190

وَقَاتِلُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ الَّذِينَ يُقَاتِلُونَكُمْ وَلَا تَعْتَدُوا ۚ إِنَّ اللَّهَ لَا يُحِبُّ الْمُعْتَدِينَ [٢:١٩٠]

Dan perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kamu, (tetapi) janganlah kamu melampaui batas, karena sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.

Melalui ayat ini Allah memerintahkan dan sekaligus memberitahukan kepada kita semua bahwa,pada "  perangilah di jalan Allah orang-orang yang memerangi kamu " artinya kepada mereka yang terang-terangan ataupun sembunyi-sembunyi menentang, bahkan menghalangi orang lain untuk beribadah kepada Allah harus dilawan, jangan dibiarkan saja, apalagi kalau sudah sampai membuat gelisah dan resah orang-orang  yang beribadah kepada Allah. 

Lalu, "(tetapi) janganlah kamu melampaui batas" artinya di dalam memerangi mereka jangan terlalu kasar, lakukan dengan peringatan secara halus, kalau masih belum berubah, lakukan lebih keras, apabila masih tetap seperti itu, maka boleh dengan cara kasar.

Mengapa harus dilakukan dengan cara kasar ? Karena perbuatan mereka itu sudah benar-benar melampaui batas. Dan Allah benar-benar tidak suka kepada orang-orang yang berbuat terlalu berlebihan atau melampaui batas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar