Jumat, 26 September 2014

SURAT AL BAQARAH AYAT 204 - 206




Allah swt memberitahukan  kepada kita semua bahwa di dalam kehidupan ini berbagai macam karakter manusia yang intinya adalah ada yang berjalan di atas aturan main-Nya dan mengikuti ajaran Rasul-Nya untuk meraih rido-Nya dan ada pula yang berjalan di muka bumi ini selalu menentang aturan main-Nya dan tidak mau mengikuti ajaran Rasul-Nya

Bagi orang-orang yang selalu taat tunduk patuh terhadap aturan main Allah dan Rasul-Nya inilah yang selalu berjalan di atas jalan yang benar, jalan yang lurus, jalan yang diridoi Allah, yaitu suatu jalan yang menuju keselamatan  dan kebahagiaan baik ketika mereka berada di dunia maupun ketika kembali ke akhirat. Untuk hal itu maka ikutilah ajarannya, janganlah anda ragu untuk melaksanakannya selama apa yang disampaikan itu masih sesuai dengan Al Qur'an dan Hadist.

Bagi orang-orang yang tidak mau taat kepada Allah dan RasulNya janganlah anda ikuti, berhati-hatilah dengan orang-orang yang seperti ini misalnya

Ada orang-orang yang memiliki harta benda berlimpah , rasa sosialnya tinggi. Mereka banyak bersadaqah, banyak membantu orang-orang yang lemah, kalau Hari Raya Idul Adha selalu memberikan korban sembelihan banyak, kalau berbicara amat menarik, amat paham tentang aturan agama, gaya bicaranya seperti seorang ulama yang alim.

Padahal dari apa yang telah dilakukannya itu semuanya bertentangan dengan isi hatinya. Sebenarnya apa yang dilakukannya itu hanyalah untuk mengelabui dan meyakinkan orang lain agar orang lain percaya kepadanya. Mereka sebenarnya banyak membikin kerusakan di muka bumi. Hasil uang yang didapat adalah hasil korupsi, manupulasi, judi, mengurangi timbangan dan ukuran, menipu serta riba, banyak menzalimi orang lain. Namun karena perbuatannya amat halus dan rapih, sehingga tidak diketahui oleh orang banyak. Mereka gak sadar bahwa semua itu dibawah  pengawasan Allah.

Walaupun mereka telah berbuat banyak kebaikan terhadap orang lain, semua amalnya itu ditolak Allah, karena apa yang didapatnya itu adalah dengan cara-cara yang tidak halal.

Apabila ada orang lain yang berbicara kebenaran mereka merasa dikritik, lalu timbul kebenciannya. Semua orang itu harus mematuhi ucapannya, Lalu mulailah mempengaruhinya, digoyang keimanannya agar mereka kembali ke jalan yang dilakukannya. Inilah yang disebut orang-orang yang sombong .

Allah paling tidak suka terhadap orang yang sombong walaupun mereka itu ilmu agamanya mendalam, ilmu pengetahuannya banyak, wawasannya luas. Kepada orang-orang yang demikian maka Allah akan hancurkan mereka sedikit demi sedikit dengan kesombongannya itu

Semua yang telah diuraikan itu terangkum dalam firman Allah di dalam Al Qur’an surat Al Baqarah ayat 204 - 206

Tidak ada komentar:

Posting Komentar