Selasa, 27 Januari 2015

MENGAPA MANUSIA HARUS BERSIKAP JUJUR ?

Nabi saw, “ Sesungguhnya kejujuran membimbing manusia ke arah kebaikan. Dan kebaikan itu membimbingnya ke surga. Seseorang yang jujur, maka dia akan menjadi orang yang jujur dan benar hingga di sisi Allah. Sedangkan sifat dusta membimbing seseeorang pada kejahatan. Dan kejahatan menyeretnya ke neraka. Seseorang yang biasa berdusta, maka hingga di sisi Allah menjadi pendusta

Orang yang mendapatkan predikat jujur itu semata-mata hidayah Allah contoh  Nabi Ibrahim menjadi orang yang jujur dan benar ( QS 19 : 41 ) ; Nabi Ismail juga seorang yang jujur, suka menepati janji ( QS 19 : 54 ) ; Nabi Idris seorang jujur dab benar ( QS 19 : 56 ) . Kejujuran itu merupakan akhlaq mulia ( termasuk Nabi Muhammad saw )

Orang yang jujur maka prilakunya cenderung untuk berbuat baik dan menegakkan kebenaran.  Orang yang berusaha untuk bersikap jujur berarti jiwanya ingin merdeka dan tdk takut pada apapun dan siapapun, kecuali pada Allah. Orang yang jujur akan berbicara apa adanya, tdk ada terselip kebohongan sedikitpun. Dan dia pasti akan mengakui kelemahan dan kekurangan dirinya . Dan selalu berusaha untuk memperbaiki kesalahannya, kekurangannya dan kelemahannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar