Rabu, 28 Januari 2015

PENTINGNYA PERSATUAN DAN KESATUAN DIANTARA MANUSIA

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.
Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda:
"Maukah kalian Aku tunjukkan amal yang lebih besar pahalanya daripada Shalat dan Saum?" Sahabat menjawab, "Tentu saja!" Rasulullah menjelaskan, "Engkau damaikan yang bertengkar, menyambung persaudaraan yang terputus, mempertemukan kembali saudara-saudara yang terpisah, menjembatani berbagai kelompok dalam Islam, dan mengukuhkan ukhuwah diantara mereka (semua itu) adalah Amal Shaleh yang besar pahalanya. Barangsiapa ingin diperpanjang usianya, dan dibanyakkan rezekinya, hendaklah ia menyambung tali persaudaraan." (HR. Bukhari dan Muslim)
Dari hadist di atas kita dapat mengetahui bahwa jika ingin mendapatkan pahala yang besar ,maka kita harus melaukan beberapa hal diantaranya yaitu yaitu :
1.    Bila ada orang yang bertengkar, bermusuhan, kita berusaha untuk mendamaikannya dan bisa bersatu kembali
2.    Bila ada yang berpisah dengan saudaranya, kita berusaha untuk mempertemukannya
3.    Bila ada yang bertikai tentang masalah agama, kita berusaha untuk mempersatukan mereka , karena mereka semua itu merupakan ciptaan Allah, masalah keyakinan silahan berjalan masing-masing, karena baik buruknya seseorang itu ditentukan dan ditanggung oleh pribadi masing-masing.
Selain dari itu Allah akan menambah panjang usia seseorang dan memberikan rezeki tanpa batas kepada orang yang gemar menyambung silaturahmi. Karena hikmah daripada silaturahmi itu akan memperbanyak persaudaraan di antara sesama, bisa membina persatuan dan kesatuan.
Ya Allah berilah kami kekuatan untuk mendamaikan siapapun yang bertengkar, menyatukan yang berpisah, menciptakan persatuan dan kesatuan demi perdaiaman diantara sesama manusia sebagai hamba Allah.
Bimbinglah ami, tuntun kami hingga kami bisa mewujudkan apayang dikehendaki oleh kami sebagai penerus amanah Rasulullah Sallaahu ‘alaihi wassalam dan mengikuti perintahMu.

Aaaaamiin Ya Rabbal’aalamiin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar