Sabtu, 30 Mei 2015

EMPAT HAL NAMPAKNYA SEPELE TAPI SULIT DILAKUKAN

Sayidina Ali r.a berkata dalam menjalani kehidupan di dunia ini ada empat hal yang paling sulit untuk dilakukan yaitu 

1. Memberi maaf ketika marah ; orang marah biasanya emosinya sudah tdk bisa terkontrol atau terkendalikan. Maka bila anda bisa menjadi pemaaf sungguh anda termasuk orang yang luar biasa.

2. Bermurah hati ketika fakir ; sadari bahwa saat lahir kita tdk membawa apa-apa, jadi apa yg telah dimiliki hanyalah titipan, maka bila bisa memberi sesuatu kepada org lain , maka Tuhanpuan akan memberikan balasan yang berlipat ganda. Jauhilah sifat Qarun yg telah digambarkan oleh Al Qur'an.

3. Memelihara diri dari perbuatan haram ketika berada di tempat yang sepi ; awalnya memang sulit, seperti orang yang dipenjara, susah untuk bergerak bebas. tapi bila hal itu dilakukan secara terus menerus maka akan menjadi kebiasaan.

4. Mengatakan sesuatu yang hak kepada orang yang ia ditakuti ( seperti raja yang zalim ) ; katakanlah yang benar itu benar dan ajaklah orang lain untuk melakukannya dan katakan bahwa yang salah itu salah dan ajaklah org lain untuk menjauhinya. Jadi semua itu hrs diawali oleh anda dan barulah org lain akan percaya bahwa yang diucapkan anda itu benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar