Senin, 01 Juni 2015

BAGAIMANAKAH CARA BERSEDEKAH ?



Di dalam melaksanakan sedekah maka sebaiknya adalah

1.dengan cara menyembunyikannya. 

Sebagaimana firman-Nya , “ Dan jika kamu menyembunyikan sedekah, dan kamu berikan kpd orang2 fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu “ .

2.jangan menyebut-nyebutnya, atau menyakiti hati 

sebagaimana firman-Nya, “ Hai orang2 yang beriman, janganlah kamu menghilangkan pahala sedekahmu dengan menyebut=nyebutnya dan menyakiti ( perasaan si penerima ), seperti orang yang menafkahkan hartanya karena riya’ kepada manusia “

3. sedekah yang dikeluarkan itu hendaknya harta yang terbaik. 

Sebagaimana firman-Nya, “Kamu sekali-kali tdk sampai kepada kebaktian ( yg sempurna ), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai “

4. berikan sedekahmu dengan wajah yang berseri-seri dan gembira, tdk terpaksa. 

Sebagaimana firmanNya, “ Orang2 yang menafkahkan hartanya di jalan Allah, kemudian mereka tdk mengiringi apa yang dinafkahkannya itu dgn tdk menyakiti ( si penerima ), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka. Tdk ada kekhawatiran di atas mereka dan tdk ( pula ) bersedih hati “.

5. hendaklah kamu cermat memilih tempat sedekahmu dan berikanlah kepada orang alim yg bertaqwa, yg dpt menggunakan sedekah itu utk melakukan ketaatan dan ketaqwaan kepada Tuhan, atau kepada orang saleh yang fakir. 

Sebagaimana firman-Nya, “ Sesungguhnya zakat2 itu hanyalah untuk orang2 fakir dan orang2 miskin “  ( Durratun Nashihin )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar