Selasa, 21 Juli 2015

HANYA ALLAH YANG BERHAK DITAATI, DIPATUHI DAN DISEMBAH

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang
HANYA  ALLAH  YANG  HARUS  DISEMBAH

Allah swt berfirman di dalam QS An Naas ayat 3 yang artinya berbunyi sebagai berikut

sesembahan manusia ( QS 114 : 3 )

Melalui ayat ini Allah swt menambahkan penjelasannya yaitu hanya Dia lah yang patut disembah. Kita semua tidak boleh menyembah apapun dan siapapun, kecuali Dia . 

Dia penguasa alam semesta, yang menggenggam jiwa manusia dan yang lainnya.Tuhannya manusia, Rajanya manusia, tidak ada yang mampu menandingiNya ataupun menyamaiNya.

Namun sayang sekali sampai saat ini masih saja banyak yang menuhankan selain Dia, apakah kepada manusia yang dianggapnya memiliki kelebihan dan keistimewaan ataupun kepada benda yang dianggapnya memiliki kekuatan . Mereka menjadikannya sebagai Tuhan mereka

Allah swt berfirman di dalam QS At Taubah ayat 9 yang artinya berbunyi sebagai berikut :

Mereka menjadikan orang-orang alimnya dan rahib-rahib mereka sebagai tuhan selain Allah dan (juga mereka mempertuhankan) Al Masih putera Maryam, padahal mereka hanya disuruh menyembah Tuhan yang Esa, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia. Maha suci Allah dari apa yang mereka persekutukan. QS 9 : 31

Yang dimaksud dengan sebagai tuhan selain Allah adalah mereka mematuhi ajaran-ajaran orang-orang alim dan rahib-rahib mereka dengan membabi buta, biarpun orang-orang alim dan rahib-rahib itu menyuruh membuat maksiat atau mengharamkan yang halal.

Baik para rahib bagi yg telah menuhankan Allah dan Al Masih putera Maryam ataupun orang alim yang menyembunyikan kebenaran hanya untuk tujuan kepentingan pribadi dan golongannya. Apa yang mereka lakukan tidak berdasarkan hukum yang jelas .

Semuanya termasuk kita  itu hanya diwajibkan menyembah Allah Tuhan Yang Maha Esa semata dan Yang Maha Suci , tidak ada yang mampu menyamainya. 

dan (tidak wajar pula baginya) menyuruhmu menjadikan malaikat dan para nabi sebagai tuhan. Apakah (patut) dia menyuruhmu berbuat kekafiran di waktu kamu sudah (menganut agama) . Islam?." . QS 3 : 80

Melalui ayat ini memperkuat perintahnya bahwa dilarang siapapun memerintahkan atau memuja para Malaikat atau Nabi, apalagi mempertuhankan mereka. Apabila masih ada yang berbuat demikian maka ia termasuk golongan orang-orang musyrik.

Siapapun yang berbuat syirik ( mempersekutukan Allah dengan selain Dia ) maka apapun yang dimilikinya, walapun itu berupa kebaikan, akan ditolak Allah ( tidak diterima olehNya ), termasuk kebaikan anak dan sitrinya atau keluarganya yang memabantu untuk meringankan azabnya. Orang musyrik termasuk golongan orang-orang kafir

Berhati-hatilah anda jangan sampai anda salah langkah, yang akan menjerumuskan diri anda sendiri ke jurang jahanam. 

Di zaman sekarang ini banyak sekali orang yang sudah tersesat jalan seperti dengan mendatangi temat2 yang dianggap keramat, masjid2 yang dianggap keramat, benda2 yang dianggap memiliki kekuatan atau orang2 yang dianggap dekat dengan Allah di mata manusia ( yg amat faham tentang agama ). 

Yang dilantunkan memang kalimat2 Allah namun sayang sekali tujuannya bukan untuk Allah tapi untuk mendapatkan kelebihan dalam hal urusan duniawinya.

Semoga saja kita semua selalu mendapatkan perlindungan dari Allah atas orang2 yang berprilaku seperti ini. Dan dibimbing olehNya agar selalu berada di jalannya, jalan yang paling lurus, yaitu jalan kebenaranNya berdasarkan tuntunan RasulNya atas rahmat dan RidhaNya.

Aaaamiin Yaa Rabbal’aalamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar