Rabu, 18 Mei 2016

BAHAYANYA MAKAN MINUM SAMBIL BERDIRI

Di era milenium ini terutama dikota-kota besar apabila akan mengadakan hajatan pernikahan atau khitanan, biasanya sewa gedung.

Jangan kaget kalu gedung yang disewa itu amat luas, namun tempat duduk yang disediakan hanya sedikit, paing 100 atau 150 kursi.

Berarti yang datang ke undangan makan dan minumnya sambil berdiri, sambila jalan kesono kemari, cari makanan yang cocok dengan selera .

Kalau di kampung model gitu , waaaah berabe, bisa dikatakan , kita yang datang memenuhi undangan kenapa sambutannya begini, emangnya kita ini binatang apa binatang !



BAHAYA MAKAN DAN MINUM SAMBIL BERDIRI 



Dari Anas dan Qatadah, Rasulullah saw bersabda,

Sesungguhnya beliau melarang seseorang minum sambil berdiri, Qotadah berkata:”Bagaimana dengan makan?” beliau menjawab: “Itu lebih buruk lagi”. (HR.Muslim dan Turmidzi)


Bagi sebagian orang, minum sambil berdiri itu mungkin adalah sebuah hal yang biasa dan lumrah, apalagi kebanyakan orang mengatakan minum sambil berdiri itu lebih puas dan dapat menghilangkan dahaga dengan tuntas. 

Namun Taukah kamu bahwa Fakta medisnya telah membuktikan bahwa minum air putih sambil berdiri itu berbahaya bagi kesehatan terutama bagi organ-organ vital utama pada tubuh kita.

Dalam sebuah penelitian medis yang diadakan salah satu perkumpulan para ahli akupunktur, membuktikan bahwa air yang diminum sambil duduk jauh lebih baik daripada yang kita minum dengan berdiri. 

Air yang kita minum sambil duduk akan disaring oleh sfringer.  Sfringer adalah suatu struktur maskuler (berotot) yang bisa dibuka (sehingga air kemih bisa lewat) dan menutup. Setiap air yang kita minum akan disediakan di posdi filtrasi ginjal.

Sebaliknya, jika kita minum air dengan berdiri, air yang kita minum tidak lagi disaring. Air yang diminum kebanyakan langsung masuk ke dalam kandung kemih. Ketika menuju kandung kemih, maka air yang tanpa disaring yang kemungkinan membawa kotoran tak terlihat akan menumpuk pada ureter ginjal.

Karena akhirnya telah banyak kotoran yang tersisa di ureter maka hal ini dapat menyebabkan penyakit ginjal kristal (batu Ginjal). Salah satu penyakit ginjal yang berbahaya. Hal ini menyebabkan kesulitan buang air kecil.

Setidaknya usahakanlah untuk minum air putih sambil duduk, agar ginjal yang merupakan penyaring racun dari air yang kita minum tidak sakit atau rusak.

Selain itu, bila seseorang makan sambil berdiri, maka akan terjadi reflux asam lambung, asam lambung akan naik ke esofagus dan membuat sel-sel kerongkongan teriritasi, karena asam lambung yang sangat asam (pHnya 1-2,5). 

Hal ini ditandai dengan gejala panas terbakar yang menyesak di dada (heartburn).


''Bila kita tetap bandel membiasakan makan minum sambil berdiri dalam jangka waktu panjang, iritasi sel-sel kerongkongan ini akan berakumulasi menyebabkan kanker saluran esofagus,''tuturnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar