Senin, 30 Mei 2016

HIKMAH DIBALIK SILATURAHIM DAN SEDEKAH

Assalaamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

 Kenapa Allah memerintahkanmmanusia untuk Menyambung Silaturrahim. ?

Silaturahim Merupakan amalan pembuka pintu rezeki selanjutnya, Dengan menyambung silaturrahim kepada kerabat.

Silaturrahim adalah berbuat baik kepada para kerabat dekat, Baik menurut garis keturunan maupun perkawinan, Berlemah lembut dan saling mengasihi.

Dijelaskan dalam beberapa Hadits shahih, Bahwa silaturahmi memperpanjang umur dan memperbanyak rezeki. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu ia berkata, Aku mendengar Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam bersabda:


"Siapa yang senang untuk dilapangkan rizkinya dan diakhirkan ajalnya (dipanjangkan umurnya) maka hendaklah ia menyambung (tali) silaturrahim" [HR. Bukhari no. 5985].

"Belajarlah tentang nasab-nasab kalian sehingga kalian bisa menyambung silaturrahim. Karena sesungguhnya silaturrahim adalah (sebab adanya) kecintaan terhadap keluarga (kerabat dekat), (sebab) banyaknya harta dan bertambahnya usia" [HR. Ahmad, at-Tirmidzi dan al-Hakim].

Mengapa Allah memerintahkan agar manusia harus memperbanyak Sedekah. ?


Sedekah boleh dilakukan dengan materi maupun non-materi, Diberikan kepada seorang yang memerlukan. ALLAH tidak akan menahan rezeki orang yang gemar bersedekah.

Sebagaimana firman-NYA:
“……….Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka ALLAH akan menggantinya dan DIA-lah pemberi rezeki yang sebaik-baiknya” [QS. Saba’: 39].


Para Malaikat juga akan mendo’akan, Orang-orang yang memperhatikan nafkah keluarga dan gemar sedekah, Agar mendapatkan ganti dan memperoleh keberkahan.


Dari Abu Hurairah, Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda:
“Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua Malaikat yang turun dan berdo’a: Ya ALLAH berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga). Malaikat yang lain berdo’a: Ya ALLAH, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah)” [HR. Bukhari no. 1442 dan Muslim no. 1010].


Rasulullah Shallalllahu ‘Alaihi wa Sallam juga bersabda:
“Sedekah tidaklah mengurangi harta, dan ALLAH tidaklah menambahkan hamba-NYA yang sering memaafkan kecuali kemuliaan. Demikian juga tidaklah seseorang bertawadhu karena ALLAH, kecuali ALLAH akan meninggikannya” [HR. Muslim].


Segoma kita semua mau membukan diri untuk melaksanakan silaturahim dan menyisihkan sebagian harta kita untuk membantu sesamanya yang membutuhkan bantuan atau pertolongan. Aaaamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar