Rabu, 02 November 2016

TUJUH PILIHAN YANG KONTRADIKTIF


Ada tujuh macam pilihan yang sangat tidak disukai oleh manusia , namun pilihan itu bila dilakukan maka akan membuat dirinya selamat dan berbahagia di dunia dan akhirat.


1.  Ibnu Abbas ra berkata orang yang akalnya sehat akan memilih fakir daripada memilih kaya .

Adapun keutamaan fakir Nabi saw bersabda, Al faqru syai un ‘indan naasi wa zainun ‘indallaah  , Fakir itu jelek menurut pandangan manusia , tapi indah menurut pandangan Allah . HR Ad Dailami

Nabi saw bersabda , Yaa ma’syarol fuqoroo I a’dzullaahar ridhoo a min quluu bikum tadzfaruu bitsawaabi faqrikum wa illaa falaa , Wahai orang2 fakir, berikanlah keridoan kepada Allah dari hatimu , tentu kamu akan beruntung dengan pahala kefakiranmu. Apabila tidak rido, maka tidak akan beruntung .

2. Ibnu Abbas ra berkata orang yang akalnya sehat akan memilih hina daripada gagah .  Keutamaan memilih kehinaan menurut nafsu. 

Nabi saw bersabda , Al mu’minul ladzii yukhoo lithunnaasa wa yashbiru ‘alaa adzaahum afdholu minal mu’minil ladzii laa yukhoolithun naasa wa laa yashbiru ‘alaa adzaa hum  , Orang mukmin yang suka bergaul dengan orang lain serta sabar atas kejelekan orang lain, lebih utama daripada orang mukmin yang tidak suka bergaul dengan orang lain dan tidak sabar atas kejelekan orang lain. HR Ahmad dan Bukhari .

3.  Ibnu Abbas ra berkata orang yang akalnya sehat akan memilih tawadhu’ daripada takabur . Nabi saw bersabda , Maa min rojulin yata’aa tzomu fii nafsihi wa yakhtaalu fii misy yatihi illaa laqiyallaaha wahuwa ‘alaihi ghdhbaanu , Tidaklah seorang lelaki merasa agung dalam hatinya dan sombong berjalannya, kecuali dia akan menemui Allah, sedangkan Allah benci kepadanya. HR Ahmad .

4.  Ibnu Abbas ra berkata orang yang akalnya sehat akan memilih lapar daripada kenyang

Tentang pentingnya lapar Nabi saw bersabda , Idzaa aqollar rojuluth tho’ma mala allaahu jaufahu nuuron , Apabila seseorang mengurangi makan, maka Allah memenuhi hatinya dengan cahaya . HR Ad Dailami

Nabi saw bersabda , Ahabbukum ilallaahi aqollukum thu’, man wa akhof fukum badanan , Orang yang paling dicintai Allah di antara kamu adalah orang yang paling sedikit makannya dan paling ringan badannya .

Nabi saw bersabda , Inna minas sarofi an ta’kula kulla masy tahaita , Sesungguhnya termasuk berlebih – lebihan adalah memakan setiap makanan yang engkau sukai

5 .  Ibnu Abbas ra berkata orang yang akalnya sehat akan memilih  susah daripada gembira

Nabi saw bersabda , “alaikum bil huzni fainnahu miftahul qolbi qoola : Yaa rosuulullah ! kaifal huznu ?  Qoola : ajii’uu anfusakum wa adzmi uu haa ,  Kamu harus bersedih, karena bersedih itu kuncinya hati. Para sahabat bertanya, “ Wahai rasul bagaimanakah caranya memperoleh kesedihan itu ? “ Nabi menjawab , “ Laparkanlah perutmu dan segarkanlah “

6. Ibnu Abbas ra berkata orang yang akalnya sehat akan memilih  tempat yang rendah daripada tempat yang tinggi.


7.  Ibnu Abbas ra berkata orang yang akalnya sehat akan memilih   mati daripada hidup .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar