Sabtu, 22 April 2017

SABAR DALAM PERJUANGAN

Assalaamu’alaikum wa rahmatullaahi wa barakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim. 



Wahai saudaraku hidup itu bukan statis ( tetap ) tapi hidup harus dynamis ( bergerak ) . Bila hidup tidak mau bergerak, atau berusaha, berarti  telah membunuh dirinya sendiri  . 

Dunia itu berputar,  roda kehidupanpun ikut beruptar . Perputarannya itu bagaikan silih bergantinya antara malam ke siang, dan siang ke malam .  Tak ada manusia yang selama hidupnya  sehat terus, pasti suatu saat akan mengalami sakit . Tak ada orang yang hidupnya bahagia terus, pasti suatu saat akan terjadi sebaliknya  dst . 

Wahai saudaraku dalam menghadapi tantangan hidup itu kita jangan melemah, kita tidak boleh malas – malasan , kita bukan untuk bersantai – santai . Akan tetapi kita harus berusaha, bekerja keras , tidak boleh patang semangat . Dilarang berputus asa dari rahmat Allah swt. 

Kita harus yakin bahwa  pertolongan dari Allah swt pasti akan datang tepat pada waktunya, asalkan kitanya tetap senantiasa berusaha terus . Tapi kalau kitanya diam, malas, mana mungkin masalah akan bisa terselesaikan .  

Bila kita sedang diberi berbagai macam kenikmatan, kegembiraan, hati – hati hal yang sebaliknya sudah menghadang  di depan . Dan bagi yang sedang diberikan kepahitan hidup , juga jangan terlalu bersedih, karena di depan sudah menanti kebahagiaan . 

Kita harus tetap menyusun kekuatan demi kekuatan , dengan banyak koreksi diri , berintrospeksi diri , bermawas diri dari akibat kegagalan, kekalahan, kejatuhan, keburukan yang pernah dialaminya . Kemudian segera cari jalan dan strategi yang baik untuk meraih kemenangan demi kemenangan di tahapan berikutnya .  

Apabila kemenangan telah diraih, hati – hati  jangan sampai sifat sombongnya muncul, egonya keluar, kikirnya ikut-ikutan atau balas dendam. Karena semua itu akan menjerumuskan anda ke jurang kehancuran kembali. Bahkan akan lebih parah dari apa yang pernah dialami sebelumnya .  

Tetap peliharalah kesabaran, hiduplah berendah hati , jalani pola hidup sederhana , dan banyak – banyak bersyukur kepada Allah swt . Simaklah firman Allah berikut ini yang artinya  .

“   Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.  (yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: "Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun".  Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Tuhan mereka dan mereka itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.  “  
QS Al Baqarah  155  -  157  

Dan firman Allah berikutnya adalah , yg artinya  “  Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.  
QS Ali Imran  200 .  

Rasulullah saw bersabda , “ Besarnya pahala itu tergantung kepada besarnya ujian bala’ bahwa sesungguhnya Allah swt itu mencintai suatu kaum , mereka akan diuji , dan barangsiapa yang rela atas ujian itu , baginya kerelaan Allah , dan barangsiapa yang membencinya , niscaya Allah murka kepadanya .  HR Turmudzi .  

Semoga kita semua diberikan kesabaran di dalam menjalani kehidupan di udnia ini, dan diberi kekuatan kesabaran untuk menghadapi berbagai macam kemunkaran …..  Aaaaamiin ….  
Walloohu a’lam bish showab…..
Barakalloohu  fiikum ……  
Wassalaamu’alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh.
Animasi Foto


Tidak ada komentar:

Posting Komentar