Kamis, 19 Oktober 2017

SEPULUH PESAN UNTUK ISTRI:

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.





Wahai saudaraku di dalam menjalani kehidupan berumah tangga itu banyak sekali pernak perniknya .

Khususnya mengenai tugas dan tanggung jawab sebagai seorang suami dan juga seorang istri.

Walaupun sudah berbagi tugas , namun bukan berarti karena bukan tugasnya lalu membiarkannya.

Bisa saja seorang suami mengerjakan tugas pekerjaan istri bila sang istri berhalangan karena sakit dll .

Kalau perkerjaan suami jelas tidak bisa diwakilkan ke istri . 

Oleh karena itu dibutuhkan kerjasama yang harmonis bagi keduanya .

Berikut ini kami paparkan sepuluh macam tugas sebagai seorang istri, dan mungkin ditambahkan lagi dengan tugas2 yang lainnya. Tapi yang sepuluh macam ini yang banyak terjadi di rumah tangga

1. Selalu menerima suami apa adanya..
Jangan melirik apa yang telah Allah berikan kepada orang lain . Karena hal itu akan membuat anda capek sendiri . Apa yang baik menurut anda yang ada di orang lain bila diberikan ke anda, belum tentu baik. Bisa jadi akan lebih buruk. Jadi syukurilah apa yang ada .
2. Selalu mentaati perintah suami selama itu baik.
Selama suami memerintah kebaikan , maka taatilah. Jangan sampai anda menentangnya. Ingat Rido Allah itu ada pada rido suami . Bila suami meminta untuk berbuat tidak baik, maka tolaklah dengan kata - kata yang halus, jangan sampai kasar . Kalau anda mampu ingatkan dia agar bisa menyadari kesalahannya .
3. Sejak dini tanamkan pengetahuan agama pada anak-anak anda .
Agama itu adalah dasar . Kalau rumah itu adalah fondasinya . Semakin kuat penanaman agamanya , maka akan semakin tegar di dalam menghadapi berbagai macam kepahitan hidup di dunia .

4. Hendaklah selalu berbau harum di depan suami.
Jagalah kondisi badan anda agar tidak berbau yang kurang sedap . Terutama di hadapan suami . Berpakaianlah yang bersih namun pantas. Jangan sampai pakaian yang sudah bau masih saja dipakai . Ini akan mengurangi keharmonisan hubungan anda dengan suami . Masih banyak saat di rumah istri berpakaian cukup daster saja, tapi ketika keluar rumah , masya Allah luar biasa bersoleknya .

5. Perhatikan suami ketika dia makan dan tidur.
Seorang istri harus memahami benar apa makanan kesukaan suami dan apa yang tidak disukainya . Bukan hanya pakaian sampai hal - hal yang sekecil - kecilnya yang disukai dan yang tidak disukai oleh suami harus tahu . Jangan sampai berumah tangga sudah 5 th lebih misalnya, bila ditanya apa makanan kesukaan suamimu ? . Gak tahu . Jawabnya...Ini salah .

6. Jangan menolak ajakan suami ketika bersetubuh.
Tujuan berumah tangga bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan lahir saja, namun kebutuhan batin juga harus menjadi tanggung jawab anda. Jadi bila suami anda memintanya maka berikanlah, layanilah dengan keikhlasan. Niatkan ibadah karena memenuhi amanat Allah swt.

7. Jangan berkata kasar di hadapannya.
Lisan itu adalah yang paling berbahaya. Dengan lisan bisa membuat suami senang . Namun dengan lisan pula suami bisa menjadi marah . Oleh karenanya jagalah lisan anda. Jangan sampai bahasa binatang meluncur keluar dari mulut anda. Berbicaralah dengan baik, sopan dan santun, karena perbuatan anda itu akan dinilai dan bisa jadi diikuti oleh anak - anak anda.

8. Jangan menyebarkan rahasia suami.
Suatu kebodohan seorang istri bila menyebarkan kelemahan, kekurangan, keburukan suami, apalagi sampai membanding - bandingkan dengan suami orang lain. Ini sudah menjadi tugas utama anda . Untuk bisa melengkapi kekurangannya dll . Sehingga tidak ada hal buruk menimpa kehormatan rumah tangga anda .

9. Pandai-pandailah menjaga harta suami.
Tugas suami memang mencari uang untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya . Bila anda dipercaya memegang uang suami, maka berhati - hatilah. Manfaatkan uang tersebut se efektif dan se efisien mungkin. Jangan membelanjakan harta anda terlalu boros, namun jangan pula terlalu kikir. Lakukan sesuai kebutuhan  , dan jangan lupa dahulukan untuk kebutuhan yang paling penting. Bila itu sudah terpenuhi, maka tahan untuk kebutuhan yang lainnya, walaupun itu penting .Gampang lain kali. Siapa tahu akan ada pengeluaran yang tak terduga yang harus segera dilakukan karena keadaan darurat .

10. Dan pandai-pandailah menjaga rahasia keluarga.
Baik buruknya keluarga adalah dengan cara bagaimana anda sekeluarga bisa menjaga sikap dan prilakunya terhadap orang lain . Ingat jangan anda memaksakan kehendak anda pada orang lain agar bisa mengikuti kehendak anda. Juga jangan memaksakan kehendak diri agar bisa sama dengan orang lain, Ini sangat berbahaya bagi anda. Namun syukurilah apa yang ada dengan cara menikmatinya sesuai dengan kehendak Allah .

Ingatlah Nasehat Ini, Insya ALLAH diri anda akan selalu di sayang suami dan kelak akan mendapatkan hadiah Syurga dari Illahi.

Semoga yang sudah berkeluarga mampu membina keluarga yang Sakinah, Mawaddah wa Rahmah, dan bagi yang belum, semoga mendapat pendamping yang sholeh/ sholehah...
Aamiin....

1 komentar:

  1. Semoga saja pesan ini tersampaikan kepada seluruh kaum hawa, walau tidak semuanya setidaknya ada beberapa orng yang melakukannya saja itu sudah bagus

    BalasHapus