Rabu, 29 November 2017

HIKMAH AYAT QS MARYAM [19]: 59 DAN QS AL ANKABUUT [29] :45

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.





Kali ini terjadi dialog antara dua hamba Allah si Amat Bimbang yang hidupnya selalu penuh diliputi keraguan, was-was, takut, ragu-ragu di setiap akan melakukan sesuatu juga setelah melakukannya. Rasa Percaya Dirinya tidak ada sama sekali .

Dan Yang satu lagi Iman Yakin yang senantiasa hidup rendah hati namun ucapan-ucapannya itu bisa menjadikan cahaya atau petunjuk bagi yang mendengarnya .

Marilah kita simak dialog interaktif mereka berdua .

DIALOG INTERAKTIVE  antara  AMAT  BIMBANG  vs  IMAN  YAKIN

Amat  Bimbang :  Bagaimanakah saya dapat menghindari perbuatan keji dan munkar ? “

Iman Yakin :  
Pertama : Periksalah shalat anda sudah dilakukan dengan  baik dan benar atau belum ?
Kedua : Kendalikan hawa nafsu kamu , jangan diperturutkan .

Amat  Bimbang : Apakah memang ada ayatnya  untuk yang saya tanyakan itu ?

Iman Yakin : 
Jelas ada  untuk yang pertama silahkan lihat firman Allah swt di dalam Qur'an terjemah terjemahnya  QS Al Ankabuut [ 29 ] : 45
Dan untuk masalah yang ke dua lihat Qur’an terjemahnya QS Maryam [ 19 ] : 59

Amat  Bimbang  :  QS  Maryam [ 19 ] : 59 artinya : "Maka datang sesudah mereka  suatu keturunan yang mereka telah melalaikan sholat dan memperturutkan  syahwat hawa nafsunya"

Iman Yakin  : Itu maksudnya adalah manusia yang selalu memperturutkan hawa nafsunya adalah mereka yang telah melalaikan shalatnya.  Yang dicari hanya kesenangan duniawi saja . Walaupun mereka shalat tapi hanya sekedar menunaikan kewajiban, belum masuk ke dalam jiwanya .

Amat  Bimbang :  Arti dari QS  Al Ankabuut [ 29 ] : 45 artinya adalah :  dan dirikanlah sholat.  Sesungguhnya sholat yg benar itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar... Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan."  (QS. Al-'Ankabut 29: Ayat 45) .

Iman Yakin :  Manusia mengerjakan shalat, baik wajib maupun sunnah2nya, tapi maksiat juga dikerjakan, korupsi , manipulasi dilakukan, ghibah, firnah, dusta, masih subur dalam dirinya dan masih banyak lagi  yang sejenis itu. Yang disampaikan itu yang umum banyak terjadi .

Amat  Bimbang : Oh pantesan CAK NUN pernah bicara “ Orang Islam itu tidak usah shalat lagi “ Lalu banyak yang marah – marah kepada beliau .

Iman Yakin :  Yang marah-marah itu belum tahu sejelasnya, wawasannya masih picik, sempit . Karena mereka merasa telah melaksanakan shalat, tapi belum memahami makna hikmah dibalik shalat.

Amat  Bimbang :  Benar , benar , benar .

Iman Yakin : Pokoknya tidak usah bertengkar dan berdebat dua firman Allah QS Maryam [ 19 ] : 59  dan QS Al Ankabuut [ 29 ] itu banyak terjadi li luar sana , atakukah tidak ada sama sekali. Ini untuk behan renungan kita bersama.

Amat  Bimbang :  Terima kasih atas penjelasannya


Iman Yakin : sama – sama 

1 komentar:

  1. Sungguh metode ini sanggat menarik, mudah dicerna daripada system membaca seperti surat kabar . Sehingga sang pembaca cepat memahami bila ada keraguan dalam dirinya bisa segera diantisipasi.

    BalasHapus