Jumat, 22 Desember 2017

TUJUH AKIBAT BAGI YANG TIDAK MENGELUARKAN ZAKAT

TUJUH  KEBURUKAN  BAGI  ORANG  YANG  TIDAK  MENGELUARKAN   ZAKATNYA
Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.





Wahai saudaraku  sebagaimana yang telah kita  ketahui bersama yaitu saat kita lahir kita tidak membawa apapun kecuali hanya tangisan yang keras.

Namun setelah beberapa puluh tahun kita di dunia kita telah banyak memiliki apapun yang kita inginkan. Siapakah yang melakukan itu semua ?

Dia-lah Allah Sang pengatur, penentu dan pemberi rezeki untuk kita semua sehingga segala kebutuhan kita terpenuhi.

Akan tetapi apa yang Allah swt berikan itu sebenarnya ada sebagian harta benda  [ 2,5 % dari penghasilan ] harus diberikan kepada fakir , miskin ,  ibnu sabil , anak2 yatim, kaum yang lemah .

Bila kita tidak mengeluarkannya maka kita termasuk golongan kikir dan bakhil. Lalu apa dampaknya bila kita masih saja berbuat kikir dan bakhil  ?

Jawabannya ada dalam dialog antara HAMBA  dan SYEKH  berikut ini

HAMBA    :  Ya Syekh keburukan apakah yang akan menimpa orang kikir dan bakhil itu ?

SYEKH       :  Semuanya ada tujuh keburukan  yang akan diterima oleh orang kikir dan bakhil ,  Hukuman ini tidak hanya di dunia  saja , akan tetapi sampai di akhirat  .

HAMBA    :  Bisakah dijelaskan keburukan atau hukuman yang akan menimpa orang kikir dan kahil ?

SYEKH       :Bisa , apa saja keburukan yang diterima oleh orang kikir dan bakhil tersebut adalah :

1.Ketika dia mati, maka hartanya diwariskan oleh orang yang suka menghabiiskan hartanya . Dan membelanjakannya untuk sesuatu yang tidak disukai oleh Allah  ;

2.   Allah swt memberikan harta bendaNya kepada orang atau pemimpin yang zalim . Kemudian Allah swt menyiksa  sang pemimpin dengan harta yang diperolehnya  ;

3.   Allah swt menggerakkan dirinya untuk menghabiskan  harta bendanya  ;

4.   Dia punya fikiran untuk membangun tempat – tempat kemaksiatan atau a moral , sehingga harta bendanya ludes  ;

5. Dia akan ditimpa musibah yang dapat menghabiskan hartanya seperti tenggelam , terbakar , bencana alam , dicuri oleh orang lain , penyakit yang susah disembuhkan dll  ;

6.  Dia akan tertimpa penyakit kronis yang dapat menghabiskan hartanya untuk berobat  ;

7. Dia simpan hartanya di beberapa tempat, atau bisa dengan mengatas namakan orang lain, kemudian harta itu hilang tak tentu permasalahannya  .

HAMBA    :  Jadi yang dimaksud dengan kikir dan bakhil itu adalah orang yang sudah diberikan banyak harta lalu tidak mau mengeluarkan zakat , infaq dan sedekahnya, sehingga Allah swt musnahkan hartanya tanpa dia sadari .

SYEKH       :  Betul sekali ucapanmu itu . Bila kamu ingin lihat buktinya  kamu harus menelitinya di masyarakat. Sungguh banyak terjadi di masyarakat. Namun jarang sekali orang yang belajar dari mereka itu .

HAMBA    :  Iya sih memang kebanyakan seperti itu . Padahal banyak contoh. Seperti orang yang hidupnya miskin. Hanya sebagai tukang becak. Tapi setiap hari Jum’at kalau ada yang naik becaknya gak mau dibayar, katanya buat sedekah .  Setelah beberapa tahun kemudian ada seseorang yang mengajak dia dan istrinya untuk pergi berhaji ke tanah suci Mekah .

SYEKH        :  Sebenarnya semua kejadian baik yang dialami oleh dirinya atau yang terlihat oleh dirinya itu adalah merupakan pembelajaran dari Allah swt. Sayangnya semua kejadian itu dianggapnya hal biasa karena pengaruh alam saja .

HAMBA    :  Baiklah syekh terima kasih atas ilmunya , semoga bermanfaat untuk diriku dan juga untuk orang lain yang membaca uraian ini. Wallaahua’lam bish shawab .


SYEKH       :  Insya Allah  . Aaaaamiin.

Demikianlah akibat yang diterima oleh orang - orang yang tidak mau mengeluarkan zakat, infaq dan sedekahnya . Semoa bermanfaat .

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar