Sabtu, 31 Maret 2018

A Y A T K U R S I


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Bismillaahirrahmaanirrahiim .

Wahai saudaraku , banyak orang yang membaca ayat Kursi tapi katanya tidak ada pengaruhnya sama sekali . Kenapa ya ?

Bisa jadi membaca ayat tersebut hanya sekear membaca saja tan mengetahui maknyanya .  Dan walaupun mengetahui maknanya kalau tidak dialamkan kedalam kehidupan sehari - hari ya sama tidak ada pengaruhnya sama sekali .

Justru dengan membaca dan mengingat makna ayat Kursi itulah kita dapat mengendalakikan hawa nafsu kita sehingga hal - hal yang buruk bisa dicegah.

Itulah mengapa ayat Kursi ini banyak dijelaskan oleh orang yaitu untuk mencegah gangguan syaitan , artinya mencegah keburukan yang ditimbulkan oleh diri kita ataupun yang datang kepada kita 

Allah swt berfirman di dalam QS Al Baqarah [ 2 ]  :  255 yang artinya ,


“Allah, tidak ada ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia,  yang hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya). Dia tidak mengantuk dan tidak tidur.  Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi-Nya tanpa seizin-Nya.  Dia mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka.  Mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah
melainkan apa yang dikehendaki-Nya.  Kursi Allah meliputi langit dan bumi.  Dia tidak merasa berat memelihara keduanya.  Dan Dia Maha Tinggi lagi Maha besar.”

QS. Al Baqarah: 255

Melalui ayat ini Allah memberitahukan kepada kita semua bahwa kita diperintah hanya menyembah Allah , dilarang menyembah selain Allah swt .

Semua makhluk yang ada di alam semesta ini pasti mati [ tidak akan kekal ] .Oleh karena itu persiapkanlah segala sesuatunya sekeblum kematian datang .

Manusia diperintahkan untuk berusaha dengan manjalani apa yang diperintahkan oleh-Nya dan menjauh apapun yang dilarang olehNya . 

Urusan lainnya masalah rezeki, kerjaan, kesehatan , keselamatan , perlindungan adalah urusan-Nya .

Janganlah berbuat apa yang dilarang oleh Allah, karena Dia mengawasi seluruh isi alam semesta termasuk kita , bila kita ingin selamat dan berbahagia di dunia dan akhirat . Karena Dia tidak tidur .

Banyak-banyaklah bersyukur kepada Allah swt, karena segala sesuatu yang ada di dunia ini adalah miliknya. 

Kita hanya tinggal memakainya dan memanfaatkannya .  Segala ketentuanNya bisa dimanfaatkan dengan baik, karena apa yang ada di dunia itu pasti diikuti dua sisi , baik buruk, sehat , sakit , pandai bodoh , sukses gagal dst . 

Jadi bagi yang ingin hidup selamat dan berbahagia dunia akhirat maka manfaatkanlah segala sesuatu yang ada di dunia ini untuk kebaikan dirinya . Itulah mengapa Dia berfirman KepunyaanNya apa yang di langit dan di bumi.

Setinggi apapun ilmu orang , sesakti apapun orang , sekuat apapun orang tidak akan mampu memberikan sesuatu kepada orang lain, kecuali Allah apakah itu kesehatan, keselamatan, perlindungan.

Oleh karena itu kita dilarang meminta bantuan untuk sesuatu hal kepada selain Dia , karena tetap saja syafaat [ pertolongan ] hanya datang dariNya .

Bila Allah berkehendak rido maka jadilah , tapi bila Allah tidak meridoi maka pasti tidak akan terjadi . Maka semua hal yang terjadi di dunia ini adalah atas izin-Nya .

Allah Maha Mengetahui apa yang diperbuat oleh kita semua dan Dia juga mendengarkan apa yang diucapkan oleh kita semua , baik ataupun buruk , rahasia kita berada dalam genggamannya .

Kita tidak bisa memaksakan kehendak kita agar bisa mengetahui [ secara ilmu ghaib ] , karena tugas kita bukan itu. Akan tetapi hanya beribadah sebaik mungkin kepadaNya agar apa yang dilakukan oleh kita itu diterima olehNya .

Kursi Allah artinya segala sesuatu yang berkaitan pekerjaan Allah baik dalam hal perencanaak, pemberian, pencabutan, perlindungan dll adalah diriNya , 

Dan itu merupakan amanat untuk diri-Nya sendiri. Yang luasnya seluas langit dan bumi . 

Dan Dia sanggup mengerjakannya sendiri tanpa ada bantuan dari manapun dan dari siapapun.

Sengguh Allah Maha Tinggi , tidak ada yang lebih tinggi dariNya dalam segala hal. Dan sungguh Dia Maha Besar , dan dengan kebesarannya itulah Dia mengatur segala sesuatunya yang ada di alam semesta ini .

Bila anda mengamalkan apa yang adari di Ayat Kurssi ini ke dalam kehidupan sehari – hari, maka kekuatan ayat tersebut akan muncul tanpa anda sadari. 

Sehingga dengan kekuatan tersebut segala keburukan baik yang nampak maupun yang tidak nampak akan hilang .

Kalau anda hanya membaca ayatnya saja tanpa mengamalkannya, maka makna hadist berikut ini tidak aka nada dampaknya buat anda .

Rasulullah bersabda ,

“ Siapa yang membacanya ketika petang, maka ia akan dilindungi (oleh Allah dari berbagai gangguan) hingga pagi. Siapa yang membacanya ketika pagi, maka ia akan dilindungi hingga petang.

HR. Al Hakim (1: 562). 

Semoga  ini  bermanfaat untuk kita semua .

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar