Rabu, 30 Mei 2018

AGAMA BUKAN UNTUK BERCANDA .


Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Wahai saudaraku sekarang kayanya semakin sering kita dengar di majelis pengajian bagaimana cara mereka berdakwah , yang terkadang dibikin seperti bercanda .

Mungkin bagi dirinya adalah agar para jama’ah merasa tertarik dengan ceramahnya , atau ada maksud lain di hatinya , hanya Allah yang tahu dan semoga Allah memaafkannya .

Namun bila hal itu dilakukan secara berlebihan , contoh seperti pada acara marhabanan , sampai solawatannya menggunakan nada lagu ibu tiri  dsb .

Wahai saudaraku kita yang belum mengetahui, Janganlah Agama, Ibadah2 dan Nilai2 yg terkandung dalam Agama dijadikan bahan candaan/lelocon sehari - hari. Karena sudah Jelas hukum nya bagi orang Islam yg melakukan hal ini.


Beramal tanpa Ilmu adalah sia – sia . Maka perbanyaklah pengetahuan kita tentang  Agama  Islam yang kita anut  ,  agar selamat hidup kita dunia dan akhirat .


Mari kita simak firman Allah swt di dalam 


QS Al A’raf [ 7 ] :  51  yaitu

الَّذِينَ اتَّخَذُوا دِينَهُمْ لَهْوًا وَلَعِبًا وَغَرَّتْهُمُ الْحَيٰوةُ الدُّنْيَا ۚ فَالْيَوْمَ نَنْسٰىهُمْ كَمَا نَسُوا لِقَآءَ يَوْمِهِمْ هٰذَا وَمَا كَانُوا بِئَايٰتِنَا يَجْحَدُونَ

Yang artinya  adalah  ,
"(yaitu)orang2 yg menjadikan agamanya sebagai permainan dan senda gurau  dan  mereka telah tertipu oleh kehidupan dunia.
Maka, pada hari ini (Kiamat), Kami melupakan mereka sebagaimana mereka dahulu melupakan pertemuan hari ini  
dan karena mereka mengingkari ayat-ayat Kami."

QS. 7  :  51 . 

Melalui ayat ini Allah memberitahukan kepada kita semua bahwa agama yang telah Allah berikan yakni Islam , hendaknya janganlah dibuat main – main  atau senda gurau .
Barangsiapa yang  setelah membaca ayat ini , masih juga diteruskan caranya tersebut , maka sesungguhnya dia telah tertipu 

oleh bujuk rayu syaitan agar apa yang dlakukannya itu disukai oleh banyak orang . Jadi bkan karena Allah swt.

Dengan berbuat seperti itu sama saja dia telah melupakan Allah , artinya walaupun yang disampaikan itu 

dalam bentuk  nasehat atau ceramah  dengan cara main – main dan senda gurau , bercanda  . Dengan hal tersebut kelak Allah akan melupakannya di akhirat .

Barangsiapa yang bermain – main atau senda gurau tentang masalah agama , maka sama saja dia telah mengingkari ayat – ayat Allah swt .

Oleh karena itu agar perbuatan kita tidaklah sia – sia , maka lakukan dengan cara yang lembut , sopan , tidak menggunakan kata – kata yang kasar, seolah – olah seperti menghakimi .

Tapi lakukan seperti kita mengajak orang lain untuk berbuat dengan hal yang sama , jadi bukan memerintahkan mereka untuk melakukan sesuatu, sedangkan kitanya tidak terbawa.

Semoga uraian ini  bermanfaat untuk kita semua. Insya Allah . Aaaaamiin.

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar