Sabtu, 23 Juni 2018

EMPAT NASEHAT ALI BIN ABI THALIB RA


EMPAT HAL  NASEHAT SAHABAT ALI BIN ABI THALIB RA


Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmmaanirrahiim.

Asy-Sya’bi rahimahullah mengatakan bahwa Ali bin Abi Thalib ra berkata,

“Wahai sekalian manusia, ambillah kalimat-kalimat ini dariku. Seandainya kalian menaiki binatang tunggangan hingga mencelakainya, kalian belum tentu mendapati yang semisalnya.

لاَيَرْجُوَنَّعَبْدًاإِلاَّرَبَّهُ،وَيَخَافَنَّإِلاَّذَنْبَهُ،وَيَسْتَحِيإِذَالَمْيَعْلَمْأَنْيَتَعَلَّمَ،وَلاَيَسْتَحِيإِذَاسُئِلَعَمَّايَعْلَمُأَنْيَقُولَ: لاأَعْلَمُ؛وَاعْلَمُواأَنَّالصَّبْرَمِنَالْإِيْمَانِبِمَنْزِلَةِالرَّأْسِمِنَالْجَسَدِ،وَخَيْرَفِيالْجَسَدِرَأْسَلَهُ

Hendaknya seorang hamba benar-benar :

(1)tidak berharap selain kepada Rabbnya,
Maksudnya adalah bila ingin memnjadi hamba yang benar menurut Allah swt dan RasulNya , maka jangan berbuat syirik , jangan menyandarkan hidupnya kepada pekerjaan, atasan , jabatan atau harta benda.

(2) tidak khawatir selain terhadap dosanya,
Maksudnya adalah setiap harinya selalu mengoreksi diri, mengkaji diri , mawas diri untuk mencari kesalahan dan kelemahan diri , kemudian berusaha untuk memperbaikinya . 

Dirinya merasa khawatir bila dosa – dosa dan kesalahan yang dilakukannya akan bertambah banyak , karena pasti akan bertemu dengan Allah swt. Itulah orang yang benar menurut Allah dan Rasul-Nya .

(3) tidak malu untuk belajar ketika tidak tahu,
Bila ingin menjadi orang yang benar menurut Allah dan Rasul-Nya, maka belajarlah agar menjadi orang yang tahu , bertanyalah kepada yang faham bila anda tidak mengerti sesuatu . Bertakwalah kepada Allah bila ingin disukai oleh Allah swt .

(4) tidak malu untuk menjawab, ‘Aku tidak tahu,’ ketika ditanya tentang sesuatu yang tidak diketahuinya, artinya bersikaplah jujur, bicaralah apa adanya, jangan mengarang – mangarang pembicaraan .

Ketahuilah, kedudukan sabar bagi iman layaknya kepala bagi jasad tidak ada kebaikan pada jasad yang tidak berkepala.”

(Shifatu ash-Shafwah hlm. 121)

Semoga uraian singkat ini bermanfaat bagi semua orang.  
Insya Allah Aaaamiin

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar