Selasa, 31 Juli 2018

KEUTAMAAN SHALAT SUBUH KE TIGA .


Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmaanirrahiim .

Selesai, shalat subuh Rasulullah mendapati puterinya ,Fathimah sedang tidur.  Maka beliau pun membalikkan tubuh Fatimah dengan kaki beliau,

“Hai Fathimah, bangun dan saksikanlah rizki Rabb-mu karena Allah membagi-bagikan rizki para hamba antara shalat subuh dan terbitnya matahari.”

Shalat subuh menyimpan banyak rahasia dan menjadi barometer keimanan. Karena shalat subuh waktunya bertepatan dengan waktu tidur sehingga banyak yang berat melaksanakannya.

Oleh karena itu,,shalat subuh menjadi istimewa dan bunyi lafadz kumandang adzannya sedikit beda serta memiliki keutamaan dan pahala.

Rasulullah saw bersabda ,

Shalat subuh adalah 
merupakan tolok ukur keimanan setiap orang 
yang mengaku baeragama islam .  
Shalat terberat bagi orang-orang munafik adalah 
shalat isya’ dan subuh.  
Padahal seandainya mereka mengetahui 
pahala pada kedua shalat tersebut, 
tentu mereka akan mendatanginya 
walaupun harus merangkak .”

(HR.Ahmad)

Melalui Hadist ini Rasulullah saw memberitahukan kepada kita semua bahwa shalat yang paling berat godaannya adalah shalat Isya dan Subuh .

Ditundanya shalat Isya karena waktunya panjang , dan masih ingin bersenang - senang , beristirahat setelah bekerja keras sepanjang hari .

Sedangkan waktu Subuh memang hawanya amat dingin , sejuk yang membuat setiap orang bisa nikmat tidur nyenyak .

Dan kedua shalat ini hanya bisa dilaksanakan dengan baik oleh mereka yang memang sudah mendapatkan hidayah Allah swt .

Bagi yang jauh dari masjid pasti banyak alasan untuk shalat berjamaah di masjid, Namun bagi yang rumahnya dekat masjid , telinganya sepertinya tuli, sehingga tidak terdengar suara adzan .

Bila Allah umumkan pahala dari shalat Isya dan Subuh, maka pasti deh , semua orang akan berlomba - lomba agar bisa datang secepat mungkin untuk menduduki shaff pertama saat shalat Subuh , walaupun kondisinya harus merayap ke masjid.

Sekarang bagaimanakah dengan diri kita apakah kita senantiasa shalat Isya dan Subuh berjamaaah di Masjid atau musholla ?

Apakah shalat Subuh kita selama ini tidak pernah ketinggalan , ataukah sering terlewatkan ? Jawabannya ada di hati anda masing - masing .

Semoga ini bermanfaat untuk kita semua. Insya Allah . Aaaaamiin .

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar