Minggu, 01 Juli 2018

TAHUKAH ANDA APA YANG DIMAKSUD DENMGAN WIRA'I ?

Assalamu;alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .
Bismillaahirrahmaanirrahiim .

Di dalam menjalani kehidupan ini pasti anda akan menemukan dua macam manusia . Pertama manusia yang lebih banyak menjalankan ibadah puasa, shalat dan sedekah . Dan kedua manusia yang lebih kuat wira'inya .

Wira'i adalah berhati - hati dalam melaksanakan hukum , menghindari barang yang syubhat atau meragukan dan takut mendekati yang haram .

Bila berbicara masalah hukum , jarang manusia yang menerapkan hukum dengan adil .
Keadilan hukum itu bisa dirasakan oleh mereka yang terkena hukuman merasa puas dengan ketetapan yang telah diberikan .

Tidak ada yang diuntungkan ataupun dirugikan . Yang buruk merasa puas dengan hukuman yang diberikan. Yang benar pun merasa puas atas ketatapan yang telah diputuskan . Tidak ada protes kurang adil lah, itu lah , inilah dsb .

Segala barang apapun bentuknya bila sifatnya meragukan apakah itu benar atah salah , apakah itu baik atau buruk , apakah akan menguntungkan ataukah merugikan , maka tidak mau mendekatinya.

Apalagi memegang , mendekati saja tidak mau . Termasuk tidak mau mendekati perbuatan riba. Apalagi menjalankan riba , mendekatinya saja tidak mau.

Dilarang mendekati zina. Apalagi berbuat zina , mendekati zina saja sudah tidak mau. 
Dilarang mendekatii yang haram . Jangankan untuk berbuat yang diharamkan Allah , mendekati perbuatan haram saja sudah tidak mau .

Jangankan memakan makanan yang haram , mendekatinya saja sudah tidak mau . Walaupun apa yang didapat itu bisa membuatnya senang , namun tidak buru - buru diambilnya .

Karena walaupun nampaknya menyenangkan , tapi bisa jadi dibalik itu semua ternyata akan mencelakai dirinya .

Dan orang2 yang sudah memiliki sifat wira'i tidak mau mendekatinya, bahkan meninggalkannya , walaupun hal itu bisa membuat hidupnya sejahtera . 

Sejahtera itu di dunia tapi di akhirat belum tentu . Karena apa yang dilihatnya itu belum jelas tentang keberannya secara syari'at agama .

Semoga ini bermanfaat .

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar