Jumat, 04 Januari 2019

MANUSIA CIPTAAN DAN HAMBA ALLAH .

Assalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaaniraahiim.

Sejak manusia dilahirkan dari kandungan ibu itu keadaannya tidak berdaya , bodoh , tidak memiliki pengetahuan apapun , tidak punya kepandaian sedikitpun , bisanya hanya menangis .
 
Seiring bergulirnya waktu , bertambahnya usia , Allah mulai megengembangkan tubuhnya berangsur – angusr secara sempurna .

Mulailah dia bisa mendengar, kemudian bisa membuka matanya sehingga ia bisa melihat , lama kelamaan mulai bisa berfikir sehingga bisa menerima pengetahuan yang dibutuhkannya .

Itulah perjalanan menuju alam keempurnaannya .

Allah swt berfirman yaitu  ,

“ Walloohu akhrojakum min buthuuni ummahaa tikum laa ta’lamuuna syai an , wa ja’ala lakumus sam’a wal abshooro wal afidata la’al lakum tasykuruuna “

Yang artinya adalah ,

“ Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun dan Dia memberi pendengaran , penglihatan dan hati agar kamu bersyukur “.

QS An Nahl  :  78

Melalui ayat ini Allah memberitahukan kepada kita semua bahwa bila ingin pandai maka harus belajar . Karena tidak ada orang pandain tanpa belajar .

Biila ingin uang maka harus bekerja. Karena tidak mungkin uang itu dating sendiri tanpa melalui usaha .

Bila ingin mengenal sesuatu , maka dekatilah sesuatu tersebut dan kenalilah ia, maka anda akan mengetahuinya.

Bila anda ingin kenal teman anda, maka dekatilah dia, dan kenalilah dia melalui berbincang, bergaul, memperhatikan kesukaannya, apa yang dibencinya, baru anda bisa ambil kespimpulan teman anda itu seperti apa.

Bila anda ingin kenal Allah swt , maka dekatilah Allah , pelajarilah sifat – sifatNya, kenalilah nama-namaNya , perhatikan ciptaanNya , apa yang disukai olehNya dan apa yang dibenciNya . Maka pasti anda akan mengenalNYa.

Tidak bisa anda mengenal Allah hanya sekedar dengan cara lisan . Tapi harus dengan perbuatan. Tidak bisa anda hanya cukup mengaku beriman tanpa mewujudkan takwa anda.

Bila anda ingin kenal Rasulullah saw, maka bacalah riwayat hidupnya, pelajarilah akhlaknya, perhatikan sabda – sabdanya, jalankan apa yang sudah diketahui oleh anda, maka anda akan kenal siapakah Rasulullah saw itu dst , dsb .

Allah swt berfirman yaitu  ,

“ Qul hal yastawil ladziina ya’lamuuna wal ladziina laa ya’lamuuna . Innamaa yatadzak karu ulul albaabi “

Yang artinya  adalah  ,

“ Katakanlah adakah sama orang yang mengetahui dengan orang yang tidak mengetahui  ?  Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran “. 

QS Az Zumar  :  9  .

Jadi Allah memberikan pendidikan dan pengajaran itu sejak kita berada di alam rahim sampai kita mendekati kematian,

Dan itu semua hanya bisa dipahami hanya oleh orang -  orang yang cerdas yang mau berfikir sehat.

Semoga uraian ini bermanfaat untuk kita semuanya .

Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar