Senin, 25 Februari 2019

SALING NASEHAT MENASEHATILAH DI ANTARA KALIAN


Assalamu’alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Berkata Al-Imam Hasan Al-Bashri rahimahullah :

Wahai manusia, sesungguhnya aku tengah menasihati kalian, bukan berarti aku orang yang terbaik diantara kalian, bukan pula orang yang paling shalih di antara kalian. Sungguh akupun telah banyak melampaui batas terhadap diriku. Aku tidak sanggup mengekangnya dengan sempurna, tidak pula membawanya sesuai dengan kewajiban dalam menaati Rabb-nya. Andaikata seorang muslim tidak memberi nasihat kepada saudaranya kecuali setelah dirinya menjadi orang yang sempurna, niscaya tidak akan ada para pemberi nasihat.Akan menjadi sedikit jumlah orang yang mau memberi peringatan dan tidak akan ada orang-orang yang berdakwah di jalan ALLAH ‘Azza wa Jalla, tidak ada yang mengajak untuk mentaati-Nya, tidak pula melarang dari bermaksiat kepada-Nya. Namun dengan berkumpulnya ulama dan kaum mukminin, sebagian memperingatkan kepada sebagian yang lain, niscaya hati-hati orang-orang yang bertakwa  akan hidup dan mendapat peringatan dari kelalaian serta rasa aman dari lupa dan kekhilafan. Maka terus meneruslah {semoga ALLAH mengampuni kalian engkau berada pada majelis-majelis dzikir (majelis ilmu), bisa jadi satu kata yang terdengar merendahkan diri kita sangat bermanfaat bagi kita. Bertaqwalah kalian semua kepada ALLAH ‘Azza wa Jalla dengan sebenar-benarnya taqwa dan janganlah kalian mati kecuali dalam keadaan muslim.”

(Mawai’zh lilImam Al-Hasan Al-Bashri, hal.185)

Hasan Basri sadar diri ia tidak mempunyai apa – apa untuk diberikan selain ilmu karena keadaannya sangat miskin tapi kaya dengan ilmu.

Oleh karena itu beliau hanya bisa mewariskan nilmunya kepada kita semua, mudah – mudahan kita menyukainya dan menjalankannya .

Dan wasiat beliau itubila kita ingin menjadi manusia yang sempurna di mata Allah swt, maka

1.bertakwalah kepadaNya, jalankan perintahNya dan hindari larangannya , yang kesemuanya itu harus dilakukan dengan ikhlas ;

2. berjalanlah di muka bumi ini dengan sikap rendah hati, jangan sombong, buang ego yang ada dalam diri kita semua ;

3. jadilah manusia yang bermanfaat bagi kebaikan orang banyak , jangan hidup hanya ingin menang sendiri ;

4. rajin – rajinlah mendatangi majelis ilmu agar kita mendapatkan banyak nasehat, wawasan kita akan bertambah ;

5. jagalah hati kita agar tetap hidup, bila hati kita gersang maka segera sirami dengan air hikmah agar bisa tumbuh dan berkembang dengan baik dan sehat ;

6. kewajiban kita selama berda di dunia hanyalah mentaati Allah sebagai Rabb kita, jangan mempersekutukannya ;

7. janganlah hidup melampaui batas dari apa yang telah digariskan, ditentukan oleh syai’at agama .

Bila kita mau melakukan hal hal di atas maka rasa cinta kepada Allah akan semakin meningkat dan Allahpun akan semakin mencintai kita semua. Insya Allah.

Semoga uraian ini  bermanfaat untuk kita semua. Insya Allah . Aaaaamiin.

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar