Minggu, 30 Juni 2019

ANTARA KEBAIKAN DAN KEBURUKAN .

Assalamu'alaikum warahmaullaahi wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Kebaikan dan keburukan, kesuksesan dan kegagalan, kaya dan miskin , tinggi dan rendah , berilmu dan bodoh , kebahagiaan dan kesedihan, selamat dan celaka dll semua itu merupakan ujian Allah swt.

Janganlah anda merasa senang bila saat ini anda sedang berada di atas, sukses, kaya raya, gelar berderet, lalu berganggapan bahwa Allah sedangn mencintai anda.

Janganlah sedih dan kecewa bila saat ini anda sedang susah dan menderita, banyak musibah, terkena penyakit, kemuadian anda berprasangka bahwa Allah sudah tidak menyukai anda.

Berprasangka baiklah kepada Allah bahwa saat ini Allah sedang memperkuat jiwa anda, mendewasakan sikap dan prilaku anda.

Jagalah sikap anda , jangan sampai memiliki sifat berlebih – lebihan dalam segala hal baik dalam keadaan sesang ataupun susah .

Marilah kita belajar dari firman Allah berikut ini

“ Fa ammal in saanu idzaa mab talaahu robbuhuu faakromahuu wa na’ammahu wayaquulu robbii akromani  .  W ammaa idzaa mab talaahu faqudaro ‘alaihi rizqohuu fayaquulu robbii ahaanani  .  Kallaa bal laa tukrimuunal yatiima .  walaa yahudh dhuuna ‘alaa tho’aa mil miskiini ,  wa ta’kuluunat turoo tsa aklan lammaan .  watuhibbuunal maala hubban jamman “

Yang artinya adalah ,
“ Adapun manusia apabila Tuhannya mengujinya, lalu dimuliakanNyadan diberiNya kesenangan , maka dia berkata , “Tuhanku telah memuliakan aku . Adapun bila Tuhannya mengujinya lalu membatasi rezekinya , maka dia berkata , “ Tuhanku menghina aku . Sekali – kali tidak [ demikian ] , sebenarnya kamu tidak memuliakan anak yatim . Dan kamu tidak saling mengajak mengajak member makan orang-orang miskin . Dan kamu memakan harta pusaka dengan cara mencamppur baurkan [ yang halal dan yang bathil ]. Dan kamu mencintai harta benda dengan kecintaan yang berlebihan 
QS Al Fajr  :  15  -  20 .

Melalui ayat ini Allah swt memperingatkan kita semua agar :

1.Kita harus siap fisik dan mental di setiap saat karena Allah swt akan menguji kita secara tiba – tiba.

2.  Allah akan memberikan kesenngan setelah manusia lulus dari ujian Allah dari kesengsaraan dan penderitaan .

3.  Allah swt akan mengangkat derajat kita ke sisiNya bila kita mampu menyikapi setiap ujian yang dating itu dengan ikhlas  ;

3.  Allah swt akan menguji kita dengan kesenangan, jabatan, harta , wanita, gelar keilmuan , kelapangan dan kesempitan rezeki ;

4.  Jangan menghina anak2 yatim tapi bantulah mereka, santunilah mereka  ;

5.  Jangan membiarkan orang lain kelaparan , tapi bantulah dengan makanan agar mereka tidak kelaparan ;

6.  Jangan mencampur adukkan harta yang baik dengan yang buruk. Yang baik manfaatkan dan yang buruk buang jauh – jauh .

7. Dilarang mencintai harta benda secara berlebih lebihan, dengan cara menimbunnya, sampai tidak ada rasa peduli terhadap para tetangga sekitarnya yang sedang kelaparan .

Semoga uraian ini bermanfaat untuk kita semuanya. Aaaaamiin.

Wallaahua'lam
Wassalamu'alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar