Kamis, 27 Juni 2019

MANFAATKAN HIDUPMU SEBELUM DATANG KEMATIANMU


Assalamu’alaikum warahmatulaahi wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim .

Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

 Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: “Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?“. 
(QS. Al-Munafiqun : 10).

Allah swt memberitahukan kepada kita tentang keadaan orang2 munafik di akhirat dimana saat masih berada di dunia mereka larut dengan kesenangan dunia.

Orang munafik hanya disibukkan dengan urusan dunia saja , hanya untuk mencari kesenangan dunia saja , sampai tidak ada waktu untuk memikirkan bekal kehidupan untuk akhiratnya .

Yang difikirkan hanya bagaimana meraih harta sebanyak mungkin. Bagaimana mendapatkan gelar sebanyak mungkin. Bagaimana meraih jabatan setinggi mungkin .
Mereka tidak pernah berfikir tentang masalah kematian , masalah kehidupan di alam kubur, masalah kehidupan di akhirat.

Sehingga semua waktunya tersita hanya untuk urusan dunia saja . Tiba tiba datangah malaikat maut menjemput ajalnya .

Karena tidak ada persiapan untuk menghadapi kematian, tidak ada persiapan bekal yang dibawa untuk kehidupan akhirat , ahirnya berkata kepada Allah agar ditangguhkan kematiannya dan minta dihidupkan , dikembalikan lagi ke dunia untuk beramal ibadah, bersedekah, berpuasa dst .

Akan tetapi Allah tidak mempedulikan semua itu , karena kehidupan sudah diberikan kepadanya sampai batas waktu yang sudah ditentukan. Maka penyesalan sepanjang masa [ kekal abadi ] mengalami kesengsaraan, peneritaan, siksaan dan azab di alam kubur sampai alam akhirat .

Sungguh hidup yang sia sia. ekarang bagaimana agarhidup tidak sia sia?  Maka manfaatkan harta kita untuk kebutuhan bekal akhirat kita . Jangan hanya untuk kebutuhan dunia saja . Yaitu dengan cara berinfaq , bersedekah atau zakat .

Berinfaq dijalan Allah adalah amalan yang paling cepat sampai disisi Allah swt .
Dari Abu Hurairah ra , Rasulullah saw  bersabda:

لاَ يَتَصَدَّقُ أَحَدٌ بِتَمْرَةٍ مِنْ كَسْبٍ طَيِّبٍ إِلاَّ أَخَذَهَا اللَّهُ بِيَمِينِهِ فَيُرَبِّيهَا كَمَا يُرَبِّى أَحَدُكُمْ فَلُوَّهُ أَوْ قَلُوصَهُ حَتَّى تَكُونَ مِثْلَ الْجَبَلِ أَوْ أَعْظَمَ

Tidaklah seseorang bersedekah dengan sebutir kurma dari hasil kerjanya yang halal melainkan Allah akan mengambil sedekah tersebut dengan tangan kanan-Nya lalu Dia membesarkannya sebagaimana ia membesarkan anak kuda atau anak unta betinanya hingga sampai semisal gunung atau lebih besar dari itu”. 
(HR. Muslim no. 1014).

Hadist ini dipertegas dalam Al-Qur’an, Allah Subhanahu wata’ala berfirman:

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji.Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki.Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui“. 
(QS. Al-Baqarah: 261).

Bila ada yang berpendapat dengan bersedekah untuk akan menjadimiskin karena sebagian hartana dibagikan kepada orang lain. Ini salah besar.

Justru semakin banyak bersedekah maka Allah akan menggantinya dengan berlipat ganda baik untuk kehidupan di dunia maupun akhirat .

Harta yang kita sedekahkan itu semua dicatat oleh Allah dan kelak bila kita telah eningal, semua amal sedekah kita akan dikembalikan kepada kita dan dilipat gandakan balasannya oleh Allah ssuai d engan janji yang teah diikrarkannya melalui firman –firmanNya.

Itulah makanya semakin banyak kita keluarkan harta untuk bersdekah, untuk menolong mereka yang lemah, untuk amal zariyah , maka kelak di akhiat kita akan menjadi orang kaya dan berbahagia.

Semoga uraian ini bermanfaat . Insya Allah .

Wassalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar