Senin, 11 Mei 2020

CIRI ORANG ORANG YANG BERIMAN .

Assalamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.
Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Alhamdulillaahirrahmaanirrahiim.  Allahumma sholli ‘ala Muhammad wa ‘ala ali Muhammad .

Iyyaka na’budu wa iyyaka nasta’iin  .

Laa ilaaha illa anta subhanaka inni kuntu minadz dzoolimiin.
Ya ayyuhal adziina aamanut taqullooha , haqqo tuqootihi wa antum muslimuun
Amma ba’du ;

Mutiara Hikmah dibalik QS At Taubah ayat 18 .
CIRI ORANG ORANG YANG BERIMAN .

Wahai saudaraku marilah kita simak firman Allah di dalam QS At Taubah ayat 18 yang berbunyi ,

" Innamaa ya'muru masaa jidallaahi man aamana billaahil wal yaumil aakhiri wa aqaamash shalaata wa ataz zakaata walam yahsyaa illallaah , fa'asaa ulaa Ika an takuunuu minal muhtadiin "

Yang artinya adalah ,
" Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada Allah dan Hari Kemudian , serta tetap melaksanakan solat , menunaikan zakat dan tidak takut ( kepada apapun ) kecuali kepada Allah . Maka mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapatkan petunjuk ".
QS At Taubah (9) : 18.

Wahai saudaraku melalui ayat di atas Allah menjelaskan ciri-ciri atau tanda-tanda orang yang beriman yaitu

1. Gemar memakmurkan atau meramaikan masjid dengan berbagai macam kegiatan agama mulai dengan solat berjamaah , mengajarkan ilmu Al Qur'an, dan kegiatan lainnya seperti pengajian , solawatan , marhabanan dsb di dalam masjid .

2. Beriman kepada Allah dengan cara mewujudkan takwanya lillaahita 'ala atau karena Allah . Seperti dengan melaksanakan solat berjamaah , berdzikir untuk mengingat Allah dan bertafakur untuk mendekatkan diri kepadaNya .

3. Beriman kepada Hari Kemudian atau Hari Kiamat dengan mempersiapkan bekal sebanyak mungkin agar kelak tidak sengsara , menderita dan hina serta nista di hadapan Allah swt.

4. Melaksanakan solat karena Allah dan hanya untuk Allah . Karena masih banyak orang yang melaksanakan solat tapi punya tujuan pribadi tentang urusan duniawinya .

5. Menunaikan zakat, infaq dan sedekah sebagai pembersih hartanya dan untuk berbagi kebahagiaan dengan orang lain yang kehidupannya jauh lebih susah dibandingkan dengan kehidupan kita.

6. Tidak takut terhadap apapun dan terhadap siapapun kecuali hanya takutnya hanya kepada Allah saja .
Bila kita semua mampu melaksanakan ke enam hal diatas maka kita termasuk orang orang yang mendapatkan petunjuk atau hidayah dari Allah swt.

Semua orang di setiap berdoa kepada Allah tidak bosan bosannya meminta Taufik, hidayah, maunah dan Inayah dari Allah . Namun tidak semua orang mendapatkan hal tersebut.
Allah hanya akan memberikan Taufik, hidayah, maunah dan inayahNya hanya kepada orang-orang yang Dia kehendaki. Mudah mudah salah satu di antara mereka itu adalah kita. Insya Allah. Aaaaamiin.

Semoga setelah membaca uraian di atas Allah membukakan mata hati kita yang selama ini telah tertutup rapat .

Semoga bermanfaat  . Wallaahua'lam .
        Wassalamu’alaikum warahmatullaahi waarakaatuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar