Kamis, 31 Januari 2013

JAGALAH LISAN !!!! 2

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh

Kesimpulan uraian yang terdahulu bahwa kita akan menjadi orang yang beruntung apabila :

1. beriman kepada Allah swt;
2. berusaha melaksanakan shalat dengan khusyu'
3. hindari kata-kata yang kurang bermanfaat  dan
4.dapat menjaga kehormatan dirinya.

Sekarang mari kita lanjutkan apa yang sebaiknya kita lakukan agar lisan kita selalu terjaga, agar kita selalu selamat, tidak menemukan masalah di dalam menjalani kehidupan sehari-hari., mari kita perhatikan Firman Allah di dalam Al Qur'an surat Al Isra 17 : 36  yang artinya :

"Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya, pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungjawabannya"

Maksud dari ayat di atas adalah janganlah kita percaya begitu saja kepada orang lain yang kita tidak tahu jelas tentang orang tersebut, apakah tentang pengetahuannya, tentang agamanya, dan lain-lainnya. Karena setiap kata, setiap kalimat yang masuk ke telinga kita , juga apa yang kita lihat, serta hati kita (yang seharusnya dapat membedakan mana yang haq dan mana yang batil ) ,semuanya akan dipertanyakan apakah sudah digunakan sesuai dengan fungsi dan kegunaannya, sesuai dengan kehendak Allah. Dan semua itu akan dimintai pertanggung jawaban oleh Allah. Apabila dapat dilaksanakan sesuai dengan kehendak Allah maka akan mendapat pahala, akan tetapi apabila yang terjadi sebaliknya maka laknat Allah yang datang. Bukan hanya pendengaran , penglihatan , dan hati saja yang akan dimintai pertanggung jawaban, termasuk lidah , tangan ,dan kaki pun sama akan dimintai pertanggung jawaban .  sebagaimana Firman Allah di dalam Al Qur'an Q.S An Nuur 24 24 yang artinya sebagai berikut :

"...........pada hari ( ketika ) lidah, tangan dan kaki mereka menjadi saksi atas mereka terhadap apa yang dahulu mereka kerjakan"

Dan perhatikan Firman Allah Q.S Al Hujurat 49 : 12  yang artinya sebagai berikut :

"........... dan janganlah sebahagian kamu menggunjing sebahagian yang lain. Sukakah salah seorang di antara kamu memakan daging saudaranya yang sudah mati. Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima tobat lagi Maha Penyayang"

Sungguh benar-benar akan celaka kepada siapapun yang suka menggunjing yaitu suka membicarakan orang lain. Apalagi yang dibicarakan itu saudaranya sendiri ( sesama muslim ) . Hal itu sama saja dengan memakan daging saudaranya sendiri yang sudah mati, artinya memakan bangkai saudaranya yang sudah mati., termasuk juga oarng yang senang memaki-maki dan mencela orang lain.

Demikianlah, sungguh alangkah sangat berbahayanya ucapan yang keluar dari mulut kita, oleh karena itu sebelum kita bicara sebaiknya difikirkan terlebih dahulu apakah akan mencelakakan diri kita ataukah akan menyelamatkan kita.

Barakallahufiikum......... salam santun kami utk para sahabat sekalian ..... semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat diambil hikmahnya . Andaikata ada tulisan dan ucapan yang salah ,,itu adalah kesalahan kami dan ,,,..kami mohon ampunan kepada Allah......... Dan marilah kita bersihkan hati, jiwa dan akal fikiran kita dengan bersama-sama mengucapkan : ALLAHU AKBAR  SUBHANALLAH  SUBHANNAKALLAHUMMA  WABIHAMDIKA  ASYHADU ALLA ILAAHA  ILLA  ANTA  ASTAGHFIRUKAN  WA'ATUUBU  ILAIK

Wassalamu'alaikum warahmatullahi weabarakaatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar