Senin, 28 Januari 2013

KEBESARAN DAN KE ESAAN ALLAH

Pada suatu hari ada dua orang hamba Allah, George dan Mary. Mereka sedang beristirahat di bawah sebuah pohon yang rindang sambil menikmati hidangan yang telah dibawanya.,karena sebelumnya mereka habis menyelesaikan tugas tugasnya yang harus selesai jam 11.30 siang. Tiba-tiba ada seseorang menghampiri mereka, namanya Anton. dan akhirnya mereka berbincang bersama.

  • "Hello, Goerge, Mary ,selamat siang, lagi ngapain ?" Anton memulai bicara "Ah, kami lagi istirahat karena habis kerja keras sepanjang pagi, maklum orderan harus beres jam 11.30, dan alhamdulillah sekarang dah gak punya beban"kata George. "Kalu gak selesai walaaah, bos akan marah beneran tuh pada kita"sambung Mary. "Terus kamu dari mana kelihatannya kaya orang kesel"lanjut  Geeorge "Ya iya laaah,  gimana gak kesel, dari kerjaan dikeluarin, di rumah anak istri lagi pada sakit, mana duit gak punya , sudah pinjem kesono kemari  , kagak ada yang kasih, untungnya aku ketemu kalian disini. Sekalian aja deh aku minta tolong ame elu pinjamin gua duit buat berobat anak bini gue"kata Anton. "Emangnye lu mau pinjem berapa duit ?" tanya Mary "Ya gak banyak sih, cuma satu juta aja. Maksud gua begini. Yang Rp.300.000 buat ngobatin keluarga, sisanya buat usaha, ya rencana mau dagang aje deh, sembako kecil-kecilan di rumah ,kan disono ,di tempat gue belum ada warung".lanjut Anton. "Begini" kata George" Gua mau pinjemin duit ame lu tapi ade syaratnye, eluu harus turutin omongan gue"lanjut George "Emangnye elu mau ngomong apaan, kagak ngarti gue ?" tanya Anton"Gua kasih pinjem satu juta rupiah, 300 rebu buat ngobatin lu punya bini dan anak lu, 590 rebu buat modal dagang, 110 rebu buat sodakoh. Sodakohnya elu bagi dua , caranye begini, yang 50 rebu kasihkan ke orang tua lu,, ke ibu lu yang di rumah, terus yang 60 rebu kasih sama 4 orang anak yatim"kata George. "Waaah eluu ini gimana, udah duitnya kagak banyak diambil lagi yaaa, makin berkurang dong,gimana nanti jualannya ??!! kata Anton. "Terus terang aja duit ini bukan punya gua, tapi punya Allah yang dititipkan ame gua, suruh dikasihkan ame lu tapi dikasih tahu caranya kalau pengen sembuh dari musibah yang elu alami"kata Anton. "Waduuuuh, emangnya lu dah ketemu dengan Allah, ilmunya lu itu udah setinggi apa, sedangkan yang bisa bicara langsung ma Allah itu cuman Nabi Musa Doang."kata Anton rada jengkel juga mau kasih pinjem aje ada syarat macem2 (dlm atinya). "Ya udah elu mau turutin omongan gua atau kagak, kalo mau, ambil tuh duit, kalo kagak, gua masukin lagi tuh duit ke tempat asalnya (ke dompet gue). Mangkanya elu itu mesti ibadah coba, dekati Allah, puji2  Dia, menta ampunan kepadaNya, berserah dirilah kepadaNya, karena semua masalah yang kita adepin itu, hanya Dia yang bisa nyelesaikan. Kalo elu mau deketin Dia, maka Dia  akan lebih deket lagi ame lu, kalu dah deket , naaah menta apa aja tuh gampang, kagak rewel, bawel kaya lu tadi.Elu mesti yakin ama Allah bahwa setiap elu tanem kebaikan satu ,maka Allah akan balas minimal 10 kali lipet, dan kalu diniatkan infak atau zakat atau sodaqoh, maka Allah akan mengganti atau membalas atas apa yang dikeluarkannya minimal tujuh ratus kali lipet.Niiih kebetulan gua bawa Al Qur'annya. Coba elu buka QS.Al Baqarah 2 : 261 dan baca dengan pelan-pelan supaye lu paham" kata George sambil ngasihkan sebuah Kitab (Al Qur'an ) kepada Anton. Kemudian Anton membukanya dan mencarinya, setelah ketemu dia baca "Allah berfirman, ":Perumpamaan orang yang menginfaqqan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji.  Allah melipat gandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas, Maha  Mengetahui" kata Anton. "Jelas kan ayatNya, Allah Maha Luas artinya Maha luas pemberiannya tanpa batas, manusia tidak ada yang sanggup  untuk menghitung pemberian Allah, lalu Allah Maha Mengetahui, Dia tahu segala kebutuhan hamba-hambaNya, Allah melipat gandakan artinya apa yang telah kita keluarkan akan diganti olehNya dengan berlipat ganda, hitungan Allah tidak akan sama dengan hitungan kita. Makanya elu gua atur sepertti itu, Insya Allah ,Dia akan buktikan itu ayat buat elu supaya yakin bahwa ucapanNya itu benar adanya. Nanti kalau mau melaksanakan diniati sodaqoh dulu di dalam hati kamu, sebelum dikasihkan kepada mereka, elu minta dibantu doa kepada mereka bahwa elu berniat ada  usaha, minta agar dilancarkan segala sesuatunya , terutama kepada ibu dan bapakmsa setelah selesai baru lu kasihkan itu duit jangan bilang sodaqoh, cukup Allah saja yang tahu, gimana setuju ?" tanya George."OK deh gua mau ngikut saran elu, ntar nanti kalu sudah cukup untuk bisa membayar, uang ini akan aku ganti" jawab Anton. "Waouw, udah hampir pukul 1 siang ,sudah waktunya kita ngantor lagi" kata Mary. "Maksih pada kalian atas semuanya, aku juga mau pulang dulu, terus mulai melaksanakan apa yang kalian sarankan. Assalamu'alaikum" kata Anton. "Wa'alaikum salam warahmatullahi wabarakaatuh"
  •  
  • Sesampainya di rumah Anton cerita kepada istrinya tentang apa yang tadi dibicarakan sama George dan Mary, dan istrinya sangat setuju. Begitu selesai, keesokan harinya Anton pergi mau berbelanja. Di perjalanan ada sebuah mobil sedan Mercy warna hitam mogok, kelihatannya sopir bingung, dan tanya sama aku, "Mas maaf mau tanya, dimana ada bengkel mobil ?"tanya sopir. "Emangnya kenapa, kalau bapa mau aku juga bisa memperbaikinya,karena aku pernah kerja di bengkel mobil"jawab Anton." Ya ,udah tolong aja deh pa" jawab Sopir. Sambil memperbaiki mobil Anton banyak ngobrol  dengan sopir.Setelah mobilnya bisa hidup sopir itu bicara,"Mas, karena aku sudah ditolong aku juga ingin menolong mas, ini sekedar untuk ongkos perbaikan dan sisanya untuk nambah modal mas usaha ,semoga usahanya lancar"kata sopir" "Oh,makasih pa"kata Anton. setelah mobil pergi begitu dilihat dia kaget ternyata dia dikasih 2 juta rupiah. Alangkah senangnya dia,bisa untuk nambahi modal. Lalu dia belanjakan uang itu untuk mengisi dagangan di rumah. Selesai belanja dia langsung pulang dengan hati penuh suka cita. Begitu sampai dekat rumah dia kaget kok di rumah ada tiga mobil, ada apakah gerangan di rumahnya. Sambil hati  penuh rasa cemas dia masuk dan ternyata bos lamanya datang ke rumah yang isinya disamping silaturahim, dia juga ngucapkan terima kasih kepada aku karena telah bekerja di bengkel  itu selama 22 tahun, dari bengkel itu kecil, sekarang menjadi besar. Dan meminta maaf karena terikat aturan administratip, makanya Anton dikeluarkan, agar Anton bisa menafkahi keluarganya ,bos nya memberikan sejumlah uang supaya Anton bisa buka bengkelmobil sendiri. Setelah bos nya pulang ,dia buka itu amplop, ternyata Subhanallah, Allahu Akbar ternyata uang tersebut  besarnya 33 juta. Tanpa sadar air mata menetes dari kedua kelopak matanya, rasa haru bercampur gembira  menyatu, sampai tidak bisa mengeluarkan kata-kata . Yang keluar hanya tangisan dan tanpa  ia sadari kakinya lemas kaya tidak ada tenaga dan langsung bersujud kepada Allah, berterima kasih kepadaNya ,setelah diuji oleh Allah tentang kesabarannya,  dan keikhlasannya, Allah langsung menggantikannya menjadi berlipat ganda, dan terbuktilah ayat yang kemarin dibaca bersama George dan Mary.
Para sahabat sekalian andaikata suatu kepahitan menimpa diri kita kita jangan langsung protes, bicara kesana kemari yang tidak tahu arahnya dan yang jelas tidak akan bisa memecahkan masalah, jangan memikirkan yang sudah lewat, karena masa yang sudah lewat tidak bisa ditarik kembali dan jangan memikirkan hari esok ,karena hari esok ada di tangan Allah, yang perlu apa yang kita hadapi sekarang hadapilah dengan senang, walaupun itu pahit, karena dibalik kepahitan itu pasti ada  manis, dan hal ini hanya Allah yang tahu.

Barakallahufiikum...............Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh........semoga tulisan ini bermanfaat untuk kita semua..... dan andaikata ada tulisan atau ucapan yang salah, itu kesalahan dari kami.......Ya Allah ampuni kami atas hal tersebut..........

Salam santum dari kami buat sahabat semua...........semoga bisa diambil manfaatnya dan diambil hikmahnya........Dan seperti biasa mari kita bersihkan dan sucikan hati, jiwa dan akal fikiran kita dengan bersama-sama mengucapkan  ALLAHU AKBAR  SUBHANALLAH  SUBHANAKALLAHUMMA  WABIHAMDIKA  ASYHADU ALLA ILAAHA IILLA  ANTA ASTAGHFIRUKA  WA'ATUUBU ILAIK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar