Kamis, 24 Januari 2013

RENUNGAN KELAHIRAN NABI MUHAMMAD SAW

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh
Para sahabat sekalian yang kami cintai, di dalam satu tahun di bulan Islam yaitu bulan Maulud. ,dimana di bulan itu ada satu tanggal yaitu tanggal 12 yang disakralkan sebagai hari kelahiran seorang utusan Allah, pemimpin besar umat Islam se dunia sekaligus sebagai panutan kita semua bagi yang beragama Islam. Beliau sebagai makhluk termulia di dunia dan sekaligus sebagai kekasih Allah
.
Berbagai cara dilakukan untuk memperigati perayaan Maulud termasuk tradisi budaya setempat yang sampai saat ini dilestarikan. Yang isinya semuanya merasa gembira karena bisa memeriahkan,anggaplah menambah syiar, segala cara dilakukan apakah dalam bentuk marhabanan, tahlilan,pengajian dsb. Dan apa yang dilakukannya semua itu tidak lain sebagai wujud kecintaannya kepada beliau.

Sekarang marilah kita kembali kepada perjanjian kita dengan Allah yaitu dengan pembacaan dua kalimah syahadat ' Yang pertama syahadat tauhid : Asyhadu alla ilaaha illallah.yang artinya aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Allah. Pertanyaannya apakah kita sudah benar-benar meyakininya dan melaksanakannya didalam pola kehidupan sehari-hari atau belum ? Sekarang yang sederhana saja kuburan-kuburan kramat ramai dikunjungi para penziarah, terlebih-lebih pada malam Jum'at kliwon, dan tidak ketinggalan juga masjid-masjid yang dianggap ada karomahnya. Pada hal kalau direnungi pemilik karomah itu siapa ? Kenapa kalau bermohon harus di tempat kramat ? Hal ini kami kembalikan kepada Allah karena yang bisa menilai ibadah seseorang itu hanya Allah. Semoga ibadah yang kita kerjakan ini sudah benar-benar sesuai dengan kehendak Allah, sehingga kita makin ditambahkan barokah, rohmat dan ridoNya oleh Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang lagi Maha Bijaksana

Yang kedua yaitu syahadat rasul Wa asyhadu anna Muhammadarrasulullah yang artinya dan kami bersaksi bahwa Muhammad itu utusan Allah.Pertanyaannya apakah dengan mengucapkan melalui mulut kita sudah dianggap cukup sebagai orang Islam. Kenapa tidak dilanjutkan pertanyaannya yaitu Nabi Muhammad itu utusan Allah, diutus apa ? Tidak lain dan tidak bukan beliau diutus mengingatkan umat Islam yang tidak mau melaksanakan perintah Allah akan mengalami kerugian dan celaka baik di dunia maupun kelak di akhirat nanti da, memberikan berita gembira kepada umat Islam yang benar-benar mentaati perinytah Allah,maka akan mendapatkan keuntungan, kesenangan, kebahagiaan baik ketika di dunia maupun di akhirat. Bagaimana ,apa yang dibawa beliau untuk melaksanakan tugas dari Allah itu? Di dalam menyampaikan tugasnya itu beliau berpedoman kepada KitabNya yaitu Al Qur'anul Kariim. Sekarang pertanyaan lagi apakah di rumah kita sudah punya Al Qur'an atau belum ? Kalau sudah punya alhamdulillah. Sekarang apakah Al Qur'annya ada terjemahannya tidak ? Kalau belum usahakan punya, supaya apa yang dibaca itu tahu maksud dan tujuannya. Terus diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Sungguh kita benar-benar akan celaka kalau yang dibaca,dipelajari hanya kitab Mujarobat, kitab Primbon dll yang merupakan buatan manusia sedangkan kitab yang buatan Allah tidak pernah dibaca. Kalaupun dibaca cukup surat Yasin saja , dan cukup seminggu sekali, kalau malam Jum'at saja. Dan beberapa surat pendek seperti Al Ikhlas, Al Falaq ,,, An Naas, Al Fatihah, Al Bagarah di 3 ayat terakhir, dan ayak Kursi inipun dibaca kalau mau ada acara tahlilan.

Para sahabat yang kami cintai dan banggakan tinggal tugas kita coba kaji diri dari Maulud tahun lalu sampai Maulud tahun ini. Sudah seberapa besarnya keyakinan kita kepada Allah, kalau sudah buktinya apa, kalau belum marilah kita mulai dari sekarang untuk memurnikan emnyembaNya jangan dicampur adukkan dengan apapun dan siapapun.

Karena Nabi Muhammad itu ditugasi untuk menuntun, membimbing, mengarahkah, memberi petunjuk kepada seluruh umat Islam se dunia, sudah sejauh mana kita dapat melaksanakan ajaran beliau. Kalau sudah mari kita tingkatkan ibadahnya dan kalau belum mari kita mulai dari sekarang.

Sungguh kita masih termasuk beruntung masih dihidupkan oleh Allah, sehingga segala kekurangan kita bisa kita tammbah, segala kelemahan kita masih bisa diperbaiki. Marilah kita laksanakan ibadah kita secara murni kan konsekwen hanya untuk Allah dengan mengikuti tuntunan rasulNya dengan hapan Allah akan semakin meridoi kita semua.. Semoga di tahun mendatang kita bisa lebih baik lagi dari tahun yang lalu. Untuk itu mari kita bersihkan dan sucikan hati jiwa dan akal fikiran kita dengan mengucap ALLAHU AKBAR SUBHANALLAH SUBHANAKALLAHUMMA WABIHAMDIKA ASYHADI ALLA ILAAHA ILLA ANTA ASTAGHFIRUKA WA'ATUUBU ILAIK.

Salam santun dari kami untuk para sahabat semua......andaikata ada salah ucap dan salah kata itu dari kami......untuk itu kami mohon ampunan kepada Allah...... Semoga tulisan ini dapat membukakan hati jiwa dan akal fikiran kita yang telah lama tertutup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar